Prinsip Etika Profesi Akuntan : Persepsi Mahasiswa

Authors

  • Syiar Rinaldy STIEM Bongaya Makassar
  • Asbi Amin STIEM Bongaya Makassar
  • Aisyah Shalsabila STIEM Bongaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjra.v3i2.231

Keywords:

Persepsi mahasiswa, prinsip etika profesi akuntan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa terhadap prinsip etika profesi akuntan berdasarkan gender, tingkatan, prestasi dan pengalaman kerja. Pendekatan penelitian ini adalah  kuantitatif dengan metode komparatif.  Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner via google form (online) kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi STIEM Bongaya dan sampel menggunakan metode insidential dengan total 100 mahasiswa sebagai responden yang terdiri dari 50 orang semester II dan 50 orang semester VI. teknik analisis Independent Sampel T-test. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap prinsip etika profesi akuntansi berdasarkan gender dan pengalaman kerja. Namun terdapat perbedaan signfikan persepsi mahasiswa terhadap prinsip etika profesi akuntan berdasarkan tingkatan dan prestasi.

References

Agustina, R., Suarniki, N., & Suyanti. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Gender Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi (Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Banjarmasin. Dinamika Ekonomi, 10(1).
Agustinus, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis, Religiusitas, Gender dan Performa Akademik Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 276-283.
Amin, A. (2019). Praktek Akuntansi Dalam Bingkai Etika Siri’na Pacce : Persepsi Mahasiswa. ATESTASI Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 51-56.
Anantasyah, D., & Hidayat , H. (2017, Desember). Perbedaan Persepsi Tentang Etika Bisnis Pada Mahasiswa Yang Belum dan Sudah Mempelajari Mata Kuliah Etika Bisnis pada Prodi Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2).
Bakri, M., & Hutahahean, H. (2015). Pengaruh Gender, Religiusitas, Prestasi Belajar Terhadap Perilaku Etis Akuntan Masa Depan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Swasta di Wilayah DKI Jakarta). e-Journal Akuntansi Trisakti, 2(1).
Hajering, M. S. (2019). Moderating Ethics Auditors Influence of Competence, Accountability on Audit Quality. Jurnal Akuntansi, 23(3), 468-481.
Harun, A., & Asriyati. (2019, Desember). Analisis Persepsi Mahasiswa AkuntansiTerhadap Etika Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Di Medan). Prosiding SEMDI UNAYA Vol.3 No.1. Banda Aceh: Universitas Abulyatamata.
Pararuk, H. S., & Gamaliel, H. (2018). Analisis Presepsi Terkait Prinsip-Prinsip Etika Profesi Akuntan (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado). ISSN 2303-1174, 6(4), 4093-4102.
Purwaji, A., & Wibowo,dkk. (2016). Pengantar Akuntansi I. Jakarta: Salemba Empat.
Risa, N., & FE Unisma, D. (2015). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntan Terhadap Kode Eik Akuntan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam 45’ Bekasi).
Sari, P. A. (2018, Agustus). Pengaruh Pendidikan Etika Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. El Muhasaba Jurnal Akuntansi, 9(2).
Suryanti, S., & Arfah, E. A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik, Kecerdasan Emosional dan Metode Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi. ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1-10.
Suyono, N. A. (2017). Analisis Terhadap Perilaku Etis Akuntan Masa Depan. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 5(2).
Vitriyani, E. (2014, Agustus). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Profesi Akuntan. Jurnal Universitas Negeri Semarang., 3(4), 407-418.
Wati, M. S., & Bambang. (2016, Oktober). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Religiiusitas Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Economia, 12(2).
Wati, M., & Sudibyoo, B. (2016, Oktober). Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Religiusitas Terhadap Persepsi Etis. Jurnal Economia, 12(2).
Yandra, F. P., Hamdayani, D. F., & Radianto, A. J. (2016). Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Profesi Akuntan. Dimensia, 13(2), 50-66.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Rinaldy, S., Amin, A., & Shalsabila, A. (2020). Prinsip Etika Profesi Akuntan : Persepsi Mahasiswa. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 3(2), 106–114. https://doi.org/10.37888/bjra.v3i2.231