Analisis Implementasi PSAK No. 34 pada PT. Bumi Sarana Beton

Main Article Content

Ummu Kalsum
Fadliah Nasaruddin
Hasmawati Timpa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 34 tentang Kontrak Konstruksi pada  PT.  Bumi  Sarana Beton  dan  dalam  mengakui  besarnya  pendapatan jasa konstruksinya PT. Bumi Sarana Beton menggunakan metode persentase penyelesaian berdasarkan pendekatan fisik. Subjek dalam penelitian ini adalah PT. Bumi Sarana Beton, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan proyek renovasi Outlet Toyota Hadji Kalla Cabang Pare-pare. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bumi Sarana Beton dalam mengakui pendapatan, beban dan laba kotor untuk proyek jangka panjang telah sesuai dengan PSAK No. 34 (Revisi 2018) yaitu menggunakan metode persentase penyelesaian  berdasarkan  pendekatan  fisik,  karena  persentase  yang  dihasilkan lebih akurat dan riil berdasarkan kondisi yang terjadi dilapangan.

Article Details

How to Cite
Kalsum, U., Nasaruddin, F., & Timpa, H. (2020). Analisis Implementasi PSAK No. 34 pada PT. Bumi Sarana Beton. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 3(2), 131–140. https://doi.org/10.37888/bjra.v3i2.241
Section
Articles

References

Ashari, Rizky Kurniawan & Dini Widyawati. 2014. Penerapan PSAK No.34 dalam Pengakuan Pendapatan Jasa Konstruksi pada PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Surabaya. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Astutik, Mura Dia & Sapari. 2015. Penerapan PSAK No. 34 pada Laporan Keuangan PT. Multi Sarana Teknik Indonesia. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Belkaoui, Ahmed Riahi. 2011. Teori Akuntansi edisi 5. Jakarta. Salemba Empat. Chariri, Drs. Anis. 2000. Teori Akuntansi. Ponegoro. Badan Penerbit Universitas di Ponegoro.
Cinthia Valentine. 2014. Analisis Penerapan PSAK No. 34 (Revisi 2010) atas Pengakuan Pendapatan pada Perusahaan Jasa Konstruksi PT. MSU. Jakarta. Universitas Bina Nusantara.
Darmayanti, Elmira Febri. 2016. Analisis Pengakuan Pendapatan pada Perusahaan Konstruksi. Lampung. Universitas Muhammadiyah Metro.
Harahap, Sofyan Syarif. 2008. Teori Akuntansi. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Harahap, Sofyan Syarif. 2015. Teori Akuntansi. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Hery, S.E.,M.Si. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah. Penerbit CAPS (Center of Academic Publishing Service), Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Efektif per 1 Januari 2018 PSAK No. 34 (Revisi 2018) Tentang Kontrak Konstruksi. Jakarta. Salemba Empat.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2014. PSAK No. 23 (Revisi 2014) Tentang Pendapatan. Jakarta. Salemba Empat.
Kartika, Mega Ayu. 2014. Analisis Penerapan PSAK 34 (Revisi 2010) pada Perusahaan Konstruksi. Studi Kasus pada PT WISE. Jakarta. Universitas Bina Nusantara.
Kusnadi. 2004. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate): Prinsip, Prosedur, dan Metode. Jakarta. Taroda