Pengaruh Profesionalisme dan Etika Profesi terhadap Tingkat Materialitas Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan

Main Article Content

Maylen K. P. Kambuaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme dan Etika Profesi terhadap Tingkat Materialitas Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan desain studi korelasional dengan instrumen kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.


Populasi dalam penelitian ini adalah 80 auditor yang bekerja di BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampelnya, non probability sampel yang merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang sama untuk dipilih menjadi sampel. Makanya dari 80 responden, terpilih 50 responden untuk menerima kuesioner, dan yang kembali hanya 35 kuesioner. Sisanya sebanyak 15 kuesioner, tidak kembali.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Profesionalisme, dan Etika Profesi berpengaruh terhadap Tingkat Materialitas Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.. Variabel Etika profesi merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap Tingkat Materialitas Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Sulawesi Selatan.

Article Details

How to Cite
Kambuaya, M. (2018, April 18). Pengaruh Profesionalisme dan Etika Profesi terhadap Tingkat Materialitas Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Bongaya Journal for Research in Accounting (BJRA), 1(1), 01-07. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRA/article/view/26
Section
Articles