EFEK MODERASI DARI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN INTERN DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

(SURVEI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAROS)

Authors

  • Anwar Anwar Akuntansi STIEM Bongaya

Keywords:

komitmen organisasi, pengendalian intern, kejelasan sasaran anggaran, kinerja manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian intern terhadap kinerja manajerial, pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial, pengaruh pengendalian intern terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi sebagai moderasi, dan pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi sebagai moderasi dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maros.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang dianalisis dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, kejelasan  sasaran anggaran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi, dan kejelasan sasaran anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi.

Downloads

Published

2018-04-18

How to Cite

Anwar, A. (2018). EFEK MODERASI DARI KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN INTERN DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: (SURVEI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAROS). Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 1(1), 30–39. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRA/article/view/29