Analisis Proses Bisnis Rawat Inap dan Rawat Jalan Rumah Sakit Cakra Husada

Authors

  • Aditya Arisudhana Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjra.v5i1.331

Keywords:

Activity Based Management, Improvement, Rumah Sakit, Pendapatan

Abstract

Biaya timbul akibat adanya proses bisnis perusahaan perusahaan. Oleh karena jika proses dapat dikelola dengan baik, maka peningkatan pendapatan menjadi mungkin. Rencana pengembangan proses bisnis dapat dilakukan dengan menghilangkan aktivitas tak bernilai tambah.  Produk dan jasa memiliki nilai lebih namun dengan harga yang lebih rendah.  Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Cakra Husada pada pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan alternatif dalam peningkatan pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisi untuk penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa tidak terdapat aktivitas tak bernilai tambah pada bagian jalan dan rawat inap. Namun masih terdapat potensi untuk meningkatkan pendapatan bagi manajemen Rumah Sakit Cakra Husada. Manajemen dapat menambah jumlah dokter agar hari pelayanan pada hari sabtu lebih optimal.  Tingkat pelayanan pada hari sabtu hanya sekitar 30% dari kapasitas normal.

References

Anthony A. Atkinson, & Robert S. Kaplan. (2012). Management Accounting : Information for Decision-making and Strategy Execution. England: Pearson.
Creswell, J. W., & J. David Creswell. (2018). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. USA: SAGE Publications.
Dumas, M., Jan Mendling, & Hajo A. Reijers. (2021). FUNDAMENTAL MANAJEMEN PROSES BISNIS. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hansen, D. R., Maryanne M. Mowen, & Dan L. Heitger. (2021). Cost Management. USA: Cengage.
Miles, M. B., A. Michael Huberman, & Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. USA: SAGE Publications.
Mulyadi. (2007a). Activity-Based Cost System: Sistem Informasi biaya untuk Pemberdayaan Karyawan, Pengurangan Biaya, dan Penentuan Secara Akurat Kos Produk dan Jasa. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.


Mulyadi. (2007b). Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
PERSI, P. R. S. S. I. (2015). Kode Etik Rumah Sakit Indonesia (KODERSI) dan Penjelasannya.
Plowman, B. (2017). Activity Based Management. Inggris: Taylor & Francis.
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit (2010).
Sekaran, U., & Roger Bougie. (2019). Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 8e Evaluation Copy. USA: Wiley.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabeta.
WHO. (1957). Role of hospitals in programmes of community health protection: first report of the Expert Committee on Organization of Medical Care. Geneva.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Arisudhana, A. (2022). Analisis Proses Bisnis Rawat Inap dan Rawat Jalan Rumah Sakit Cakra Husada. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 5(1), 94–104. https://doi.org/10.37888/bjra.v5i1.331