Pemanfaatan Tanaman Daun Sirih Dan Buah Jeruk Nipis Sebagai Hand Sanitizer Alami

Authors

  • Muzdalifah musdalifah STIEM Bongaya
  • Alif agustian STIEM Bongaya
  • Nurlely Razak STIEM Bongaya
  • Rusni Rusni STIEM Bongaya
  • Hasyim Mochtar STIEM Bongaya

Abstract

Desa pallantikang, kecamatan pattalasang , Kabupaten Gowa merupakan desa penghasil buah buahan maupun tanaman yang berbagai jenis, namun di sisi lain hasil tersebut belum di kelola atau di ubah menjadi hal yang inovatif, khususnya pada tanaman daun sirih dan jeruk nipis yang melimpah di daerah tersebut, faktanya warga hanya mengetahui daun sirih dan jeruk nipis merupakan tumbuhan yang sedikit manfaat namun sebaliknya pembuatan hand sanitizer alami dari bahan tersebut dapat menambah nilai ekonomis di era pandemi . Upaya yang di lakukan untuk maksud tersebut, yaitu dengan cara menambah daya guna dari daun sirih dan jeruk nipis melalui pengolahan dan menjadi hand sanitizer alami dan ramah lingkungan yang sangat bermanfaat di tengah pandemic. Metode yang di lakukan adalah di awali dengan sosialisasi,persiapan kegiatan,pelatihan pembuatan,dan terjun langsung ke pemukiman warga untuk melakukan pelatihan, hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini secara garis besar menvakup beberapa komponen sebagai berikut 1) keberhasilan pembuatan handsanityzer 2)tercapainya tujuan saat terjun langsung ke warga 3)kemampuan warga dalam pemahaman praktek.

References

Ardiansah, Feri, et al. “Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami Dengan Ekstrak Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Desa Cupat Parittiga: Indonesia.” Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 198–203.

Hidayat, Rohmat, and Dewi Mardiyanti. “Pemberdayaan Remaja Produktif Melalui Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Lokal Untuk Pembuatan Hand Sanitizer Di Desa Banjarsari Jombang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 21–26.

Jediut, Mariana Madu Fransiska Jaiman Ntelok Zephisius R. E., and Marlinda Mulu. “Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Dasar Daun Sirih Pada Komunitas Guru SDK Akel.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 5, no. 4, 2021, pp. 1848–55, https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5031/0.

Larasati, Sinta Fatonah, and Tegar Harbriyana Putra. “Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Dari Bahan Alami Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Pada Masyarakat Dukuh Gumulan Kelurahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali.” Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Pelatihan, vol. 2, no. 09, 2021, pp. 42–45.

Marfuah, Luk-luk Atin, and Delia Nur Azidzah. Sosialisasi Manfaat Dan Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dengan Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Sebagai Upaya Pencegahan Penularan COVID-19 Di Desa Jaticempaka Socialization Of The Benefits And Manufacture Of Hand Sanitizers Made Of Natural Ingredients To Preven. no. November, 2021.

Pattalassang, Kecamatan, and Kabupaten Gowa. IbM PEMBINAAN REMAJA DI DUSUN BU ’ RUNG BU ’ RUNG DESA PATTALASSANG , Selesainya Kegiatan Di Tempat Mitra . Metode Pendekatan Yang Ditawarkan : 2017, pp. 414–19.

Sciences, Health. 済無No Title No Title No Title. no. 1, 2016, pp. 1–23.

Triyani, Meyta Adi, et al. “NECTAR : JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI Aktivitas Antibakteri Hand Sanitizer Berbahan Ekstrak Daun Sirih Dan Ekstrak Jeruk Nipis.” NECTAR: Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 16–23.

UUD. “Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Makassar, Maros, Sungguminasa, Dan Takalar.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 2013, pp. 1689–99.

Wahyuniarti, Fitri Resti, and Siti Naimatus Sholikhah. Consortiu m of Community Services Journal (CCSJ). no. 1, 2021, pp. 8–13.

(Wahyuniarti and Sholikhah; Larasati and Putra; Sciences; Jediut and Mulu; Hidayat and Mardiyanti)

https://www.uny.ac.id/id/berita/handsanitizer-alami-dan-masker-tie-dye-untuk-cegah-covid

Downloads

Published

2022-11-30