Pelatihan Penyusunan Strategi Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Pengolahan Ikan Jutsuka Di Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Andi Agus STIEM Bongaya Makassar
  • Mappamiring P STIEM Bongaya
  • Mursida Abu STIEM Bongaya
  • Kristina Parinsi STIEM Bongaya
  • Muhammad Syafrie Universitas Negeri Makassar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bantuan bagi pelaku usaha pengolahan ikan asin Jutsuka dalam menyusun strategi dan kebijakan yang baik dalam mengelolah kegiatan usahanya. Jutsuka adalah salah satu pelaku usaha pengolahan ikan asin yang berlokasi di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Usaha Jutsuka telah berjalan 3 tahun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan membagi menjadi 2 periode. Periode pertama dilakukan selama 3 hari dengan melakukan kegiatan observasi terhadap kegiatan usaha untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang usaha Jutsuka dan melakukan diskusi untuk memberikan gambaran strategi yang tepat bagi usaha mitra. Sedangkan periode kedua dilakukan pendampingan danam melakukan implementasi penerapan strategi yang telah disusun. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan usaha Jutsuka dapat lebih memperluas pangsa pasarnya dan meningkatkan penjualannya. Disamping itu diharapkan pengelolah usaha Jutsuka memiliki kemampuan melakukan analisis dan membuat strategi pemasaran yang baik.

References

Adawyah, Rabiatul (2011). Pengolahan dan Pengawetan Ikan, , Jakarta: Bumi Aksara,

Afrianto E. dan E. Liviawati. 1990. Pengawetan dan Pengolahan Ikan.Kanisius. Yokyakarta

Arief Hidayatullah, Gusti Khairun Ni’mah, Yarna Hasiani (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Asin Laut Di Kalimantan Selatan. Jurnal Uniska. Banjarmasin.

Azizu, AzeliaMonica (2014) Perencanaan Pengembangan Usaha Pengeringan Ikan Asin Milik Ibu Moni Di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik (2022). Tinjauan Ekonomi Regional Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan, Lampung: Badan Pusat Statistik tahun 2022.

Hakim, Abdul Halim,(2015). “Analisis SWOT Dalam Kehidupan” disarikan dari ceramah jumat, 06 November 2015.

Lubis, Ernani, Sumiati (2011). “Pengembangan Industri Pengolahan Ikan ditinjau dari Produksi Hasil Tangkapan di Ppn Palabuhanratu”, Marine Fisheries ISSN 2087-4235 Vol. 2, No. 1.

Downloads

Published

2023-06-30