Membangunan Pendidikan yang Berkualitas di Indonesia ( Studi pada Dinas Pendidikan Kab. Gowa)

Authors

  • Rusni Rusni

Keywords:

Pendidikan, SDM, Peluang, Aktivitas

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Pendidikan tidak saja menambah pengetahuan, akan tetapi juga meningkatkan keterampilan kerja, dengan demikian produktivitas kerja juga akan meningkat. Hal ini terlihat dari hasil penelitian, bahwa tingkat pendidikan penduduk suatu negara yang ratarata tinggi akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat. Sehingga pendidikan dipandang sebagai HumanInvestment yang imbalannya dapat diperoleh beberapa tahun kemudian. Tingkat pendidikan dan latihan yang dimiliki seorang tenaga kerja akan memberikan pengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja tersebut.

Banyak cara yang ditempuh oleh pekerja (pekerja potensial) yang menambah kapasitas pendapatan melalui pendidikan. Mereka bisa bersekolah di pendidikan tinggi, akademi, atau lulusan sekolah tertentu. Masyarakat ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi apabila mereka percaya bahwa dengan melakukan itu akan dapat menjadikannya tingkat hidup di kemudian hari lebih baik.

Downloads

Published

2017-11-26

How to Cite

Rusni, R. (2017). Membangunan Pendidikan yang Berkualitas di Indonesia ( Studi pada Dinas Pendidikan Kab. Gowa). Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 206–217. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/16