Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lulusan Akuntansi dalam Pemilihan Karir Selain Akuntan

Authors

  • Yudi Akhmad Sadeli STIEM Bongaya
  • Ishak Ishak STIEM Bongaya

Keywords:

Pilihan karir, Akuntan Perusahaan, Akuntan Pemerintah, Akuntan Publik, Akuntan Pendidik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi lulusan akuntansi dalam memilih karir selain bidang akuntansi. Selain itu, apakah terdapat perbedaan persepsi lulusan akuntansi dalam memilih karir selain bidang akuntansi.

Populasi penelitian adalah seluruh lulusan akuntansi pada STIE BONGAYA YPBUP Makassar. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan pertimbangan pengambilan sampel yang dipilih adalah lulusan yang terdaftar dalam ikatan alumni. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan perhitungan statistik menggunakan SPSS. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan Uji T dan Uji beda.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi lulusan akuntansi dalam pemilihan karir selain akuntan dapat dilihat dari keinginan karir yang ditinjau dari gaji/ penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja dan pertimbangan pasar kerja. Sedangkan dari personalitas disimpulkan bahwa secara keseluruhan tidak ada perbedaan pandangan lulusan akuntansi.

Downloads

Published

2017-11-26

How to Cite

Sadeli, Y. A., & Ishak, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lulusan Akuntansi dalam Pemilihan Karir Selain Akuntan. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 258–276. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/20