PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH (SETDA) KOTA TARAKAN

Main Article Content

Ely Hasmin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung budaya organisasi melalui kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di  kantor Setda Kota Tarakan.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey karena menggunakan populasi dan sampel sehingga ditemukan kejadian-kejadian dan hubungan antar konstruk. Populasi  penelitian adalah pegawai Setda Kota Tarakan yang berjumlah 195 orang, seluruhnya dijadikan sampel (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan   The Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software statistic Lisrel dan Confirmatory Factor Analysis (CFA).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi  berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai, tetapi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai  di kantor Setda Kota Tarakan.

Article Details

How to Cite
Hasmin, E. (2017). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH (SETDA) KOTA TARAKAN. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 41–47. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/5
Section
Articles