Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk Ikan Teri (Stolephorus Sp) Pada Home Industri Cahaya Faiz Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah

Authors

  • Nur Nilam Sari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rosnani Said Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nurhayati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk Ikan Teri (Stolephorus Sp) Pada Home Industri Cahaya Faiz Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan alat pemasaran yaitu bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P yang terdiri dari produk (Product), harga (Price), tempat (Place) dan promosi (Promotion), teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif selain itu juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dilingkungan internal maupun peluang dan ancaman dilingkungan eksternal perusahaan.

References

Afrianto, E dan E, Liviawati. 1989. Pengawetan dan Pengolahan Ikan.

Yogyakarta: Kanisius.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.

Buchari Alma, 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Refisi, Bandung, Alfabeta.

.2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Daft, Richard L. 2010. Era Baru Manajemen. Salemba Empat, Jakarta.

David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

. 2010. Startegi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : Andi.

Freddy Rangkuti, 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta

. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

.2009. Strategi Promosi yang kreatif dan Analisis kasus-Integred Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

. 2015. Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum.

Hendry Hartono, dkk, 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan “Dengan menetaapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian “Universitas Bina Nusantara.Jakarta

Kotler, Philip dan Gery, Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

. 2017. Prinsip Pemasaran. 17 tahun. New york

Kotler, Philip dan Keller , 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhalindo, Jakarta.

.2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

. 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

.2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas, terjemahan Bob Sabran MM. Jakarta :Erlangga

.2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas. Jakarta. Erlangga.

.2013. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 13, Prehalindo, Jakata.

Nontji, A. 2005. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta

Novita Citra Dewayanti (2013). Analisis Pemasaran Ikan Laut Segar Dikabupaten Cilacap. Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Oka A Yoeti, 2003. Manajemen Pemasaran. Pradnya Paramita Jakarta

Pearce, John A dan Robinson, Richard B, 2013. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Porter, E, Michael,2001. Keunggulan Kompetitif-Menciptakan Dan Mempertahankan Kinerja Yang Unggul, Free Pers. New york.

Rizkina Mala Ritonga, (2016). Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Usaha Kecil (Studi Kasus pada UD Kreasi Lutvi No 285 Desa Tuntungan 11. Pancur Batu). Naskah Publikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatra Utara.

Saanin, H. 1984. Taksonomi dan Kunci Indentifikasi Ikan. Jakarta : Bina Cipta.

Simamora Henry. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Sofjan Assauri, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Wawan Kurniawan, (2014). Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Coklat Pada Industri Rumah Tangga Sa’adan Agency Di Kota Palu. Naskah Publikasi Fakultas Pertanian Universitas Tadulago.

Weber dan de Beaufort. 1965. Ikan-ikan di Kepulauan Indo-Australia. Vol. VII London.

Downloads

Published

2023-08-30