Mengukur Manajemen Laba Berdasarkan Kepemilikan Institusional dan Leverage

Authors

  • Hasyim Mochtar STIEM Bongaya
  • Djamila Saleh STIEM Bongaya Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengananalisis Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Penelitian dilakukan pada pada Perusahaan Sektor Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 2019 s/d 2021 sehingga ditentukan sampel sebanyak 42. Pengujian data dilakukan dengan melakukan uji Multikoloneritas, heteroskedisitas, autokorelasi, normalitas, uji-t, uji-f dan determinasi. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh temuan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba pada Perusahaan Sektor Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Kemudian leverage Perusahaan Sektor Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

References

Ardiyanti, Aristi Pratika dan Ida Nurhayati (2017), Pengaruh Kepemilikan institusional, Kepemilikan Manajerial dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Volume 5, Number 2, 2017 P-ISSN: 2622-2191 E-ISSN : 2622-220

Bahri, Syaiful. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis (Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dirgarepi, Husna dan Desiyanti (2020), Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Kepemilikan public Terhadap Manajemen Laba. Kumpulan Executive Summary Mahasiswa Prodi Manajemen Wisuda ke-74 tahun 2020.

Fahmi, I. (2017), Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Edisi kedua, penerbit Erlangga, Jakarta

Ghozali, I. (2021), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Grasindo Persada.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kesembilan. Jakarta: Grafindo Persada

Marsinah. (2021). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah. 7 (1) : 47-66.

Mukti, Aloysius Harry, (2018), Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap manajemen Laba, ESENSI, Vol. 21 No. 1 / 2018

Nadya Septriyuni (2021), Pengaruh Kepemilikan Institusional, kepemilikan manajerial, bursa pajak tangguhan, ukuran perusahaan dan leverage dapat berpengaruh terhadap manajemen laba. Institusional Repository.

Niken Utami (2016), Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial terhadap manajemen laba. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Darma.

Pongkorung, Anamaria., Parengkuan Tommy, dan Joy E. Tulung. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Kepemilikan Terhadap Harga Saham Industri Keuangan Non Bank Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2016. Jurnal EMBA. 6 (4) : 3048-3057.

Sartono, R. Agus. (2020). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Siregar, Hasnah Sabrina. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Hutang, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirianata (2020), Analisis pengaruh Leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan, kepemilikan Institusional terhadap Manajemen Laba. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara / Vol.2 Edisi Oktober 2020 : 1799 - 180

Downloads

Published

2023-08-30