Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Penerapan E-Commerce

Authors

  • Vinki Juliana Universitas

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjra.v5i2.362

Keywords:

Profitabilitas, Return on Assets, Return on Equity, Net Profit Margin, E-Commerce.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan profitabilitas sebelum dan sesudah penerapan e-commerce melalui variabel Return on Assets, Return on Equity, dan Net Profit Margin. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di bursa efek. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan kosmetik yang sudah menerapkan e-commerce tahun 2013 sampai dengan 2019 dan perusahaan kosmetik yang menerbitkan tiga tahun sebelum penerapan e-commerce dan tiga tahun sesudah penerapan e-commerce dan diperoleh 5 perusahaan dimana pada tahun 2016 menjadi cut off atau titik tengah. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan uji beda menggunakan paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test.

Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa pada ROA terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,030<0,05 dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROE antara sebelum dan sesudah e-commerce dengan nilai signifikan sebesar 0,307>0,05 dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap NPM antara sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,094>0,05 dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Return on Assets, Return on Equity, Net Profit Margin, E-Commerce

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan profitabilitas sebelum dan sesudah penerapan e-commerce melalui variabel Return on Assets, Return on Equity, dan Net Profit Margin. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di bursa efek. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan kosmetik yang sudah menerapkan e-commerce tahun 2013 sampai dengan 2019 dan perusahaan kosmetik yang menerbitkan tiga tahun sebelum penerapan e-commerce dan tiga tahun sesudah penerapan e-commerce dan diperoleh 5 perusahaan dimana pada tahun 2016 menjadi cut off atau titik tengah. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan uji beda menggunakan paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test.
Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa pada ROA terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,030<0,05 dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROE antara sebelum dan sesudah e-commerce dengan nilai signifikan sebesar 0,307>0,05 dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap NPM antara sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,094>0,05 dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Profitabilitas, Return on Assets, Return on Equity, Net Profit Margin, E-Commerce

References

Desiana, L., & Africano. (2019). Analisis Laporan Keuangan (Teori dan Pemahaman Materi). Palembang: NoerFikri.
Hendratno, Azkhiya Permata Julia. (2020). Analisis perbandingan profitabilitas sebelum dan sesudah menggunakan e-commerce.
Hendratno, & Chiesa Sukmono Utomo.(2018). Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Menggunakan Teknologi Informasi (e-commerce). Sosiohumanitas, XX Edisi 1.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan . Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Indonesia, A. P. (2018). penetrasi dan prilaku pengguna internet Indonesia. Retrieved from http:www.apjii.or.id
Indonesia, K. P. (2018). Retrieved from kemenperin.go.id
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kennedy.dkk. (2022). Dampak Fenomena E-commerce terhadap kinerja keuangan perusahaan kosmetik di BEI. IKHRAITH-EKONOMIKA, 5, 68.
Laudon, K. d. (2012). Management System: Managing the Digital Firm Twelfh Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Ni Made werin Saratyaniri, I. k. (2018). Pengaruh E-commerce dan Kerja Pengguna terhadap Kinerja Perusahaan pada umkm. e-journal akuntansi universitas udayana, 24, 2302-8556.
Nirmala, Endar., & Ahmad Musyafa. (2017). E-COMMERCE TEKNIK INFORMATIKA. Tanggerang Selatan. UNPAM PRESS.
Pradana. Mahir. (2015). Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia.
Prihadi, T. (2012). Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS dan PSAK. Jakarta: PPM.
Priyatno, D. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik Dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Romindo. (2019). E-commerce IMPLEMENTASI, STRATEGI, & INOVASINYA. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rudi Yanto Batara Silalahi, S. (2021). Adopsi e-commerce dalam mempercepat kinerja umkm. jurnal sistem informasi dan manajemen, 9, 326-333. Retrieved from https://ejounal.stmikgici.ac.id/
Salwis, F. A. (2018). Analisis Harga Saham Perusahaan Retail Di Bursa Efek Indonesia yang Menerapkan E-commerce. Journal Economic and Business of Islam, 3, 1-12.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Sukmalaresa, N. K. (2021). Analisis Perbandingan Profitabilitas Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan E-Commerce.
Sunyoto, D. (2013). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: Buku Kita.
Tanjung, Y. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Jurnal ilmiah Integritas, 2.
Tim. (2022). Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FEB Universitas PGRI.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Juliana, V. (2022). Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Penerapan E-Commerce. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 5(2), 20–26. https://doi.org/10.37888/bjra.v5i2.362