Makna Zakat dan Infak untuk Pengembangan Usaha Berbasis Syariah

Authors

  • Nurhayati Universitas Hasanuddin
  • Alimuddin Universitas Hasanuddin
  • Sundari Universitas Hasanuddin

Keywords:

Zakat, Infak, Ridho, Amanah, Nilai Spiritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam makna zakat dan infak untuk pengembangan usaha berbasis syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretif fenomenologi dalam menganalisis makna zakat dan infak untuk pengembangan usaha berbasis syariah di PT Intan Nirwana Nusantara.  Data diperoleh dengan melalui pengamatan berpartisipasi pasif, dokumentasi serta melakukan tinjauan literasi dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ridho dan nilai amanah sebagai manifestasi dalam aktivitas usaha. Berdasarkan temuan penelitian, nilai zakat dan infak di PT. Intan Nirwana Nusantara tidak hanya diartikan sebagai kewajiban finansial semata melainkan memiliki makna yang lebih luas. Zakat dan infak diinterpretasikan sebagai instrumen untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi berbasis syariah dan sebagai simbol kesadaran sosial, kemanusiaan serta kepatuhan terhadap perintah Allah SWT. Pemberian zakat dan infak di perusahaan tersebut tidak hanya memberikan nilai tambah materiil seperti peningkatan modal usaha dan pembangunan lokasi perumahan tetapi juga memberikan nilai tambah spiritual.

References

Abdullah, A. 1995. Islam dan Formulasi Baru Pandangan Tauhid. UMY.

Ahmed, A. A. A. 2012. Accounting in Islamic Perspective: A Timely Opportunity, a Timely Challenge.

ASA University Review, 6(2), 187–214. https://doi.org/10.3329/iiucs.v9i0.24020 Al-Raghib. 1997. Mufradat Alfazh al-Qur‟an. Dar al-Basyir.

Amaliah, T. H., & Sugianto, S. 2018. Konsep Harga Jual Betawian dalam Bingkai Si Pitung. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 20–37. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9002

Andhim, & Ali. 2019. Rekonstruksi Keilmuan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pandangan M.Amin Abdullah. ISEEDU, 3(2), 250-270.

Asep, A., & Mulyana, A. 2021. Pandangan Ulama Tentang Zakat Perusahaan. Syaksia : Jurnal Hukum Perdata Islam, 22(1), 111–124. https://doi.org/10.37035/syakhsia.v22i1.4879

Ashari, R. T. 2008. SEQ Spiritual Engineering Quotient. Arti Bumi Intaran.

Ayuniyyah, Q., Pramanik, A. H., Saad, N. M., & Ariffin, M. I. (2018). Zakat for Poverty Alleviation and Income Inequality Reduction. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 4(1), 85–100. https://doi.org/10.21098/jimf.v4i1.767

Bachmid, Salim, & Armanu, D. 2012. Perilaku Muzakki dalam Membayar Zakat Mal (Studi Fenomenologi Pengalaman Muzakki di kota Kendari). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(2), 425– 436.

Bahrun, & Syihabudin. 2013. KAJIAN FENOMENOLOGIS TENTANG POLA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SISTEM “FULLDAY SCHOOL” PADA SMA LABSCHOOL

UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter, 1(1). Basrowi, & Sudikin. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Insan Cendikia.

Canggih, C., Fikriyah, K., & Yasin, A. 2017. Potensi dan realisasi dana zakat indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 1(1), 14–26.

Creswell, J. W. 2014. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc.

Hamang, M. N., & Anwar, M. 2019. Potential of Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) In The Development of MSME (Micro, Small And Medium Enterprises) In Lazismu, Parepare City. Al-’Ibrah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 129–143. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/25%0Ahttps://amrikhan.wordpress.com/201 2/10/29/hiba h-sedekah-dan-hadiah/, (18)

Hendayana, Y., Lisnawati, D., & Machmud, A. 2017. Kewirausahaan Berbasis Syariah. Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Isa, A. Q. 2011. Hakekat Tasawuf. Qisthi Press.

Ismail, I., & Hotman, P. 2013. Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam.

Kencana.

Kamayanti, A. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi Pengantar Religiositas Keilmuan.

Yayasan Rumah Peneleh.

Kashif, M., Faisal, J., Khurrum, Abdur, R., & Mohsin. 2018. The Dynamics of Zakat Donation Experience Among Muslims: a Phenomenological Inquiry. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 9(1), 45–58. https://doi.org/DOI: https://.org/10.1108/JIABR-01-2016-0006

Kashif, M., Jamal, K. F., & Rehman, M. A. 2019. Journal of Islamic Accounting and Business Research Article information. The Dynamics of Zakat Donation Experience among Muslim:A Phenomenological Inquiry, 1–16. aande

Kurnia, & Hidayat. 2008. Panduan Pintar Zakat: Harta Berkah, Pahala Bertambah. Qultummedia.

Kusdewanti, A. I., & Hatimah, H. 2016. Membangun Akuntabilitas Profetik. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 7(2), 156–323. https://doi.org/10.18202/jamal.2016.08.7018

Mariyana, D., Naan, & Tamami. 2019. Sedekah Sebagai Kekuatan Spiritual. Syifa Al-Qulub, 4(Juli), 9–19. https://doi.org/10.15575/saq.v

Moleong, L. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mufraini, A. 2006. Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Kencana.

Nahar, H. S. (2018). Exploring Stakeholders’ Views on a Corporatized Zakat Institution’s Management Performance. International Journal of Ethics and Systems, 34(4), 608–631. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.1108/IJOES-08-2018-0115

Nasrullah, M. 2010. Peran Zakat sebagai Penddorong Multiplier Ekonomi. Jurnal Hukum Islam, 8(1), 108– 119.

Omar, P. M. F. F., Muchlis Gazali, H., Samsulbahri, M. N., Abd Razak, N. I., & Ishak, N. 2021. Establishing zakat on oil and gas in Malaysia: a new insight. ISRA International Journal of Islamic Finance, 13(3), 318–332. https://doi.org/10.1108/IJIF-04-2020-0089

Prasetio, J. E. 2020. Akuntabilitas Semaan Al Qur’an dan Dzikrul Ghofilin: Perspektif Tasawuf Gus Miek.

Penerbit Peneleh.

Prendergast, G., & Hak Wai Maggie, C. (2013). “Donors’’ experience of sustained charitable giving: a phenomenological study".” Journal of Consumer Marketing, 30(2), 130–139.

Putriandini, S. 2012. IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA Sistem

Pengendalian Internal ... Jurnal Akuntansi Multiparadigma. https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/170/382

Rahman, R. 2015. Orangtua Bergantung pada Ridho Orangtua. Koran Republika. Rahmawati. 2011. Dinamika Akad Dalam Transaksi Ekonomi Syariah. Al-Iqtishad, 3(1), 27.

Reza, H. 2012. Mengangkat Nilai Zakat “Zakat dengan Hati” : Refleksi Fenomenologis Zakat Perusahaan Pengusaha Arab. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(1), 48–57.

Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana

Shihab. 1998. Islam Inklusif:menuju sikap terbuka dalam beragama. Mizan. Shihab, Q. 2007. Ensiklopedia Al-Quran. Lentera Hati.

Spradley, J. 1997. Metode Etnografi (M. Z. Elizabeth (ed.)). Tiara Wacana.

Triyuwono, I. 2006. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. PT Raja Grafindo Persada. Triyuwono, I. 2011. Mengangkat ”Sing Liyan” untuk Formulasi Nilai Tambah Syari’ah. Jurnal Akuntansi

Multiparadigma, 2. https://doi.org/10.18202/jamal.2011.08.7116

Triyuwono, I., & As’ udi, M. 2001. Akuntansi Syari’ah: Memformulasikan Konsep Laba dalam Konteks Metafora Zakat. Salemba Empat.

Wahyuni, S., & Abdullah, M. W. 2021. Akuntabilitas Berbasis Syariah Enterprise Theory Dalam Mewujudkan Ekonomi Sustainable. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(01), 41–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v3i01.1986

Zalshabila, S., & Mulawarman. 2012a. Javanese Price Setting: Refleksi Fenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(2), 161–333. https://doi.org/https://doi.org/10.18202/jamal.2012.08.7152

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Nurhayati, Alimuddin, & Sundari. (2024). Makna Zakat dan Infak untuk Pengembangan Usaha Berbasis Syariah. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 7(1), 101–116. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRA/article/view/528