https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/issue/feedBJRM (Bongaya Journal of Research in Management)2025-01-04T00:00:00+00:00Muhammad Tafsirbjrm@stiem-bongaya.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) </strong>adalah jurnal yang dikelola secara peer review, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang Manajemen. Diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STIEM Bongaya.</p> <p><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1519365532" target="_blank" rel="noopener">2615-8876</a> (Online)</strong></p>https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/653Perilaku Konsumen Setelah Era Covid-192024-12-29T01:30:29+00:00Muhammad Fauzimuhfauzi293@gmail.comMuhammad Fauzanmuhfauzan293@gmail.comHikmah Umarhikmahumar@gmail.com<p>Pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, terutama dalam adopsi teknologi digital, menciptakan tren baru dalam preferensi, kebiasaan, dan pola konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan perilaku konsumen setelah era COVID-19, dengan fokus pada pergeseran ke platform digital dalam aktivitas belanja, interaksi dengan merek, dan preferensi produk kesehatan, dan kecenderungan konsumsi yang lebih hemat. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic Literature Review (SLR) dari beberapa jurnal yang terindeks di google scholar baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% konsumen lebih memilih belanja online dibandingkan sebelum pandemi, dengan peningkatan kesadaran terhadap kesehatan dan kebersihan produk. Selain itu, 65% konsumen menunjukkan preferensi terhadap merek yang berkomitmen pada keberlanjutan. Demikian juga dengan pola konsumsi dimana konsumen menjadi lebis selektif dan hemat serta pemanfaatan digitalisasi menjadi hal yang sangat penting bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan media transasksi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengusaha dalam merumuskan strategi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era pasca-pandemi.</p>2025-01-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Fauzi, Muhammad Fauzan, Hikmah Umar