https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/issue/feedBJRM (Bongaya Journal of Research in Management)2025-02-20T07:15:56+00:00Muhammad Tafsirbjrm@stiem-bongaya.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) </strong>adalah jurnal yang dikelola secara peer review, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang Manajemen. Diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STIEM Bongaya.</p> <p><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1519365532" target="_blank" rel="noopener">2615-8876</a> (Online)</strong></p>https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/653Perilaku Konsumen Setelah Era Covid-192024-12-29T01:30:29+00:00Muhammad Fauzimuhfauzi293@gmail.comMuhammad Fauzanmuhfauzan293@gmail.comHikmah Umarhikmahumar@gmail.com<p>Pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, terutama dalam adopsi teknologi digital, menciptakan tren baru dalam preferensi, kebiasaan, dan pola konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan perilaku konsumen setelah era COVID-19, dengan fokus pada pergeseran ke platform digital dalam aktivitas belanja, interaksi dengan merek, dan preferensi produk kesehatan, dan kecenderungan konsumsi yang lebih hemat. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic Literature Review (SLR) dari beberapa jurnal yang terindeks di google scholar baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% konsumen lebih memilih belanja online dibandingkan sebelum pandemi, dengan peningkatan kesadaran terhadap kesehatan dan kebersihan produk. Selain itu, 65% konsumen menunjukkan preferensi terhadap merek yang berkomitmen pada keberlanjutan. Demikian juga dengan pola konsumsi dimana konsumen menjadi lebis selektif dan hemat serta pemanfaatan digitalisasi menjadi hal yang sangat penting bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan media transasksi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengusaha dalam merumuskan strategi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era pasca-pandemi.</p>2025-01-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Fauzi, Muhammad Fauzan, Hikmah Umarhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/637Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Roti Maros Lempangan2024-11-13T08:17:10+00:00Adi Adiaditweingberg@gmail.comRatna Tungga Dewiratnatungga@gmail.comSultansultan123@gmail.com<p><strong>: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keseimbangan kehidupan kerja dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada Toko Roti maros lempangan. Penelitian ini berdasarkan analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini berdasrkan tujuannya merupakan penelitian Verifikatif dan penelitian asosiatif berdasarkan Tingkat eksplanasinya. Metode pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh yaitu mengambil seluruh populasi menjadi sampel. Adapun sampel pada peneilitan ini sebanyak 73 orang. Pengolaan data dengan IBM SPSS Statistic 20 dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keseimbangan kehidupan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan, secara simultan keseimbangan kehidupan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Adi Adi, Ratna Tungga Dewi, Sultanhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/667Efektivitas Deteksi Kecurangan: Studi tentang Pengaruh Red Flags dan Profesionalisme Auditor Internal2025-01-15T06:14:58+00:00Yayu Chandra Pratiwiyayuchandrapratiwi6464@gmail.comEny Supraptieny.suprapti@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh red flags dan Profesionalisme Auditor Internal terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan. Penelitian ini dilakukan pada kantor Inspektorat kota Makassar provinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh auditor di kantor inspektorat kota Makassar Provinsi Sulawesi. Selatan dengan jumlah responden berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf dengan menguji instrumen kuesioner dengan uji validitas dan reliabilitasnya, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi multikolinearitas dan asumsi heterokedastisitasnya. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Data dianalisis menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Red Flags dan Profesionalime Auditor Internal Terhadap Kemampuan Mendeteksi Kecurangan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Red Flags berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan. Profesionalisme Auditor Internal berpengaruh tidak signifikan terhadap kekampuan mendeteksi kecurangan.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Yayu Chandra Pratiwi, Eny Supraptihttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/654Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Taksi Online Di Makassar2025-01-06T07:42:14+00:00Nurdam Buhaerahnbuhaerah@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan Untuk mengkaji atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen dalam menggunakan jasa taksi online di Makassar, serta untuk mengkaji bagaimana sikap konsumen dalam menggunakan jasa taksi online di Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat konsumen yang menggunakan jasa pelayanan taksi online yang ada di Makassar, minimal 5 kali dalam setahun terakhir, sehingga populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah sebanyak 150 orang responden, Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan non-probability sampling dan metode judgment. Adapun pembahasannya menggunakan peralatan analisis sikap dengan pendekatan/model poin ideal dan analisis kepentingan-kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran merupakan atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen jasa layanan taksi online di Kota Makassar, sedangkan yang tidak dipentingkan adalah atribut penampilan luar taksi. Sikap konsumen terhadap jasa layanan taksi di Kota Makassar rata-rata sangat baik.</em></p>2025-02-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nurdam Buhaerahhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/675Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimediasi Oleh Motivasi2025-02-10T03:49:49+00:00Apriciliaapriciliaica6@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan disiplin terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh motivasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini terdiri dari 90 pegawai yang menggunakan aplikasi digital Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel pelatihan terhadap motivasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel disiplin terhadap motivasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, (3) terdapat pengaruh langsung antara variabel pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, dan (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel disiplin terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, (5) tidak terdapat pengaruh langsung antara variabel motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, (6) tidak terdapat pengaruh antara variabel pelatihan terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, dan (7) tidak terdapat pengaruh antara variabel disiplin terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.</p>2025-02-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Apriciliahttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/616Meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Employee Engagement, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja2024-09-22T04:57:14+00:00Alfira Namboalfiranambo@gmail.comNur Aisyahnuraisyah123@gmail.comMuhammad Asgarasgarmuha12@gmail.comRaba Nathanielrabanathaniel@gmail.comNurhudanurhuda2407@gmail.com<p>Human Resources (HR) in the company is very important because every company always strives to have quality HR, because without quality HR a company must have a mutually needy relationship. This study examines how much employee engagement, environment and job satisfaction have an influence on employee performance. The purpose of this study was to determine the effect of employee engagement, work environment and job satisfaction on employee performance of PT Bank Sinar Mas Palopo City Branch. This survey involved 30 employees who work at PT Bank Sinar Mas Palopo City Branch. In this study, the sampling technique used was saturated sampling technique, which is a sampling technique when all members of the population are used as samples. From this study it was found that <em>employee engagement </em>has a significant and negative effect on employee performance at PT Bank Sinar Mas Palopo Branch. The work environment has a significant and negative effect on employee performance at PT Bank Sinar Mas Palapo Branch and job satisfaction has a significant and negative effect on employee performance at PT Bank Sinar Mas Palapo Branch. The results of this study indicate that employee involvement can result in low company performance, work environment conditions that have a negative impact provide uncomfortable physical conditions and can lead to poor occupational safety and health and employees who have significant negative job satisfaction can have a detrimental impact on the company and this can damage the company's reputation.</p>2025-02-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Alfira Nambo, Nur Aisyah, Muhammad Asgar, Raba Nathaniel, Nurhudahttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/655Kepuasan Konsumen Sebagai Dampak dari Relationship Marketing dan Kebijakan Harga2024-12-29T01:25:35+00:00Nursatrianinursatriani256@gmail.comNorhaedahnorhaedahnks@gmail.comErnawati Ernawatiernawati.dty@uim-makassar.ac.idNugraha Abhull Azwadnugrahaabhullaz@gmail.com<p><strong>Abstract</strong><strong>:</strong> <em>This study aims to analyze the influence of Relationship Marketing and date prices on customer satisfaction at Pusat Kurma dan Oleh-Oleh Haji Umroh Bin Daud Makassar. The research method used is quantitative, with data collection techniques including observation, interviews, questionnaires, and documentation. The sample consisted of 100 respondents selected through purposive sampling. The results show that, partially, Relationship Marketing positively and significantly affects customer satisfaction, with a t-value of 5.619 and a significance of 0.000. The date price variable also has a positive and significant effect, with a t-value of 14.768 and a significance of 0.000. Simultaneously, Relationship Marketing and date prices have a positive and significant effect on customer satisfaction, with an F-value of 191.561 and a significance of 0.000. The study concludes that combining effective Relationship Marketing with competitive pricing strategies can significantly enhance customer satisfaction. Therefore, the company is advised to strengthen relationships with customers and continuously adjust pricing to align with product quality.</em></p> <p><strong>Keyword</strong><strong>s</strong><strong>: </strong><em>Relationship Marketing, Price, Customer Satisfaction</em></p> <p> </p> <p> </p>2025-02-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nursatriani, Norhaedah, Ernawati Ernawati, Nugraha Abhull Azwadhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/666Inklusi dan Literasi Keuangan: Sebuah Kajian Tentang Kinerja Wirausaha UMKM di kota Makassar2025-01-09T08:07:22+00:00Nurjannahnurjannah123@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji menganalisis apakah inklusi keuangan dan literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja usaha kecil, menengah koperasi dan mikro , menengah dan mikro (UMKM) di kecamatan Tamalate kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 pelaku usaha kecil, menengah koperasi dan mikro , menengah dan mikro di kecamatan Tamalate kota Makassar, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 112 responden. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan software Smart PLS 4.0. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas dan asumsi heterokedastisitasnya metode analisis data menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaklu usaha kecil, menengah koperasi dan mikro , menengah dan mikrodi kecamatan Tamalate, demikian juga dengan hasil analisis variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaku usaha kecil, menengah koperasi dan mikro , menengah dan mikro di kecamatan Tamalate kota Makassar.</p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nurjannahhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/672Analisis Kinerja Keuangan dan Dampaknya pada Penyaluran Kredit Bank Selama Pandemi COVID-192025-02-03T06:41:39+00:00Zulkarnain Basirzulkarnail.basir@stiem-bongaya.ac.idArdiansyah Halimardiansyah.halim@stiem-bongaya.ac.idFirman Alifirman.ali@stiem-bongaya.ac.idPoppi Gita Pradita Roringpoppygitaroring@gmail.com<p>: Studi ini bertujuan untuk menguji Pengaruh kinerja keuangan terhadap penyaluran kredit perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada masa pandemi covid-19. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 44 perusahaan perbankan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 perusahaan yang memenuhi karakteristik sampel yang dibutuhkan. Hasil penelitian tersebut telah diuji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Metode analisis regresi linear berganda yang digunakan dalam analisis data penelitian ini, serta rasio yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kinerja keuangan pada variabel independen (bebas) yaitu Return On Asset (ROA) dan Non-Performing Loan (NPL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Return On Asset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada masa pandemi covid-19 dan Non-Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada masa pandemi covid-19.</p>2025-02-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Zulkarnain Basir, Ardiansyah Halim, Firman Ali, Poppi Gita Pradita Roringhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/669Mengukur Kinerja Pegawai : Peran Penting Kompetensi, Disiplin dan Motivasi2025-01-22T08:03:18+00:00Indraindra00234@gmail.comMappamiringmappamiring.parentah@stiem-bongaya.ac.idMuh. Ma'ruf Indrismarufidris@gmail.comAndi Mansyur Tanramansyur.tanra@stiem-bongaya.ac.idAndi Dahrulandi.dahrul@stiem-bongaya.ac.id<p>: Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh motivasi. Penelitian ini dilakukan pada Inspektorat Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Inspektorat Kabupaten Gowa yang berjumlah 53 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur degnan bantuan software Smart PLS 3.0, dimana evaluasi model PLS dilakukan dengan mengevaluasi outer model dan inner model Hasil penelitian menyimpulkan bahwa semua hubungan secara partial punya korelasi yang positif dan signifikan seperti kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, kemudian disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja, motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi, disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi. Sedangkan pengujian variabel mediasi menghasilakn kesimpulan bahwa motivasi tidak mampu memediasi hubungan kompetensi terhadap kinerja serta motivasi tidak mampu memediasi hubungan disiplin kerja terhadap kinerja. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel lain seperti budaya perusahaan atau kearifan lokal atau indikator yang lebih bervariasi untuk melengkapi kajian-kajian tentang kinerja pegawai</p>2025-02-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Indra, Mappamiring, Muh. Ma'ruf Indris, Andi Mansyur Tanra, Andi Dahrulhttps://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/679Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Usaha Kue Kering “Opi.Cookies”2025-02-20T07:15:56+00:00Alya Putri Ramadhanialyaputriramadhani@gmail.comHariany Idrisharianyidris@UNM.ac.idSyamsinarsyamsinar@UNM.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perhitungan Break even point (BEP) sebagai alat perencanaan laba pada usaha kue kering “Opi.Cookies.” Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data biaya tetap, biaya variabel, total produksi dan total penjualan pada enam bulan di tahun 2024. Pendekatan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi yang terkait dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian ini Opi.Cookies menunjukkan efisiensi biaya variabel yang tinggi dengan margin kontribusi sebesar Rp 76.758 per unit dan rasio margin kontribusi 85,29% per bulan. Dan pada penelitian ini diketahui titik impas Opi.Cookies berada pada penjualan 142 unit atau Rp 12.811.905 per bulan, dengan MOS yang jauh di atas titik impas menandakan bahwa Opi.Cookies jauh dari kata rugi. sedangkan untuk mencapai laba Rp 10.000.000 per bulan, Opi.Cookies perlu memaksimalkan penjualannya sebanyak 273 unit atau Rp 24.537.036. Dengan penjualan yang konsisten melebihi 273 unit, Opi.Cookies dapat dikategorikan stabil secara profitabilitas.</p>2025-04-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Alya Putri Ramadhani, Hariany Idris, Syamsinar