PENGARUH AKUNTABILITAS PUBLIK DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL SKPD DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Lusiana Kanji Akuntansi, STIEM Bongaya

Keywords:

Akuntabilitas Publik, Kejelasan Sasaran Anggaran, Kinerja Manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Akuntabilitas Publik dan Kejelasan Sasaran Anggaran berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial SKPD Kota Makassar.Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Populasinya adalah SKPD Kota Makassar berjumlah 50 SKPD, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 54 responden. Hasil kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitas, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas dan heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan teknik regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa akuntabilitas publik dan kejelasan sasaran anggaran secara simultan berpengaruh terhadap kinerja manajerial SKPD di Kota Makassar. Sedangkan akuntabilitas publik secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial SKPD di Kota Makassar dan kejelasan sasaran anggaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial SKPD di Kota Makassar.

Downloads

Published

2018-04-18

How to Cite

Kanji, L. (2018). PENGARUH AKUNTABILITAS PUBLIK DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL SKPD DI KOTA MAKASSAR. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 1(1), 58–64. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRA/article/view/32