DIMENSI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME TRIPLE PLAY PT TELKOM

Authors

  • Fitriani Latief Prodi Manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.104

Keywords:

Communication, Trust, Empathy, Commitment, Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dimensi relationship marketing yang terdiri dari komunikasi, kepercayaan, empati dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan IndiHome Triple Play PT Telkom Makassar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi (X1), kepercayaan (X2), empati (X3), komitmen (X4) dan loyalitas pelanggan (Y). Teknik sampel yang digunakan adalah judgment sampling yaitu sebanyak 90 orang pelanggan IndiHome Triple Play PT Telkom Akses Regional VII Makassar  yang sudah berlangganan minimal 3 bulan. Metode pengujian data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 23.00. Berdasarkan hasil pengujian data diperoleh bahwa komunikasi, kepercayaan, empati dan komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan IndiHome Triple Play PT Telkom Akses Regional VII Makassar.Communication

Downloads

Published

2019-04-07

How to Cite

Latief, F. (2019). DIMENSI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME TRIPLE PLAY PT TELKOM. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(1), 11–16. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.104