PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DINAS KEHUTANAN PROVINSI SULAWESI SELATAN)

Authors

  • Wa Ode Abi STIEM Bongaya
  • Syamsul Ridjal
  • Syamsul Alam

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i1.38

Keywords:

Kepemimpinan, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan analisis deskriptif dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, studi kepustakaan dan observasi langsung, jumlah sampel 53 orang melalui teknik simple random sampling dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan atau tidak secara langsung terhadap kinerja pegawai, kompetensi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, demikian pula secara simultan menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan, kompetensi dan lingkungan kerja bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Disarankan agar Pihak Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dimasa mendatang sebaiknya tetap mempertahankan dan meningkatkan kompetensi pegawainya antara lain dengan cara melakukan kursus/pelatihan-pelatihan terkait bidang teknis kehutanan mengingat pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai yang sangat signifikan dan positif, sebaiknya tetap menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan kerja mengingat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai.

Downloads

Published

2018-04-18

How to Cite

Abi, W. O., Ridjal, S., & Alam, S. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DINAS KEHUTANAN PROVINSI SULAWESI SELATAN). BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 1(1), 14–28. https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i1.38