Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Authors

  • Gufran Aji Darmawan Universitas Islam Maros

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi dan sikap pelanggan terhadap produk mie instan Sedap Goreng terhadap pilihan pembelian mahasiswa di Stiem Bongaya Makassar.

Data primer dikumpulkan dari siswa yang dilaporkan mengonsumsi produk Indomie Goreg, dan jumlah sampel sebanyak 98 ditentukan menggunakan prosedur Slovin sampling. Uji asumsi klasik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, telah diterapkan pada data mentah yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial

Temuan ini mendukung hipotesis kerja dengan menunjukkan bahwa kualitas produk mie instan Indomie Sedap Goreng mempengaruhi opini dan preferensi mahasiswa Stiem Bongaya Makassar serta kecenderungan mereka untuk membeli produk tersebut. Sedangkan besarnya pengaruh dapat diukur dengan menghitung nilai customized R-squared, yang dalam hal ini adalah 0,407%. Penelitian ini menemukan bahwa di kalangan mahasiswa Stiem Bongaya Makassar, persepsi produk dan sikap konsumen memberikan pengaruh sebesar 40,7% terhadap pilihan pembelian produk mie instan Sedap Goreng, sedangkan sisanya sebesar 59,3% disebabkan oleh faktor lain.

References

Ahmad Alhadi (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap , sikap konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Mie Sedaap (studi pada mahasiswa kampus III Universitas Muhammadiyah Malang)

Assauri, Sofjan, (2016). Manajemen Operasi Produksi, Rajawali Pers, Jakarta.

Chaula Anwar (2017). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, perilaku konsumen Karakteristik Kategori Produk dan Kebutuhan mencari Variasi terhadap Keputusan pembelian (Survei produk mie sedap)

Dessy Amelia Fristiana, Apriatni Endang Prihatini (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 1, no. 2.

Fahmi, m hilal. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Distro Kaos Miko Kota Dumai. Skripsi.

Fatimah, D. (2020). PPengaruh Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Indomie Sedap Goreng Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar. 15(1),

Ferrinadewi, E., & Rukismono, M. (2018). Faktor yang Dipertimbangkan Buyer dalam Keputusan Pembelian Hasil Laut Olahan Produksi Indonesia. Business and Finance Journal, 3(2),

Gazali. (2017). pengaruh persepsi produk dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelia.

Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juniar, S. (2016). Pengaruh Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. 1–23.

Juriati. (2019). Pengaruh Persepsi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 1–7.

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Kotler, P dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta

M Nurlina. (2020). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2(2004), 6–25.

News.Ge. (20189). pengaruh persepsi produk dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelia. News.Ge.

Saputra, Rico (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 1 No.1

Sukapti, E. (2017). Pengaruh Persepsi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Nasional Yogyakarta.

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Darmawan, G. A. (2023). Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk . BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 6(2), 35–44. Retrieved from http://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/493