Pengembangan Hasil Tanaman Singkong Menjadi Produk Bola-Bola Singkong Desa Pacellekang, Kecamatan Pattallassang

Authors

  • Muhammad Tafsir STIEM Bongaya
  • Dahniar Dahniar
  • Mispa Mispa STIEM Bongaya
  • Heslina Heslina STIEM Bongaya
  • Muhammad Fazriel STIEM Bongaya
  • Andi Fadhilah
  • Firmansyah Firmansyah STIE Wira Bhakti Makassar

Keywords:

Pengembangan, Produk, Singkong

Abstract

Pendapatan masyarakat desaPacellekangyang didominasi oleh sektor industri pertanian terdiri dari padi, mangga, rambutan, jagung, dan singkong.Diantara beberapa hasil bumi tersebut salah satunya adalah singkong yang merupakan tanaman yang paling banyak dipanen namun tidak diolah secara maksimal oleh masyarakat di desa tersebut dimana seluruh hasil panen singkong tersebut hanya didistribusikan kepada pengumpul pasar, banyaknya singkong yang dipanen membuat para pengumpul pasar tidak sanggup untuk membeli hasil panen secara kesuluruhan sehingga menyebabkan sisa hasil panen singkong terbuang sia-sia. Bedasarkan hasil obervasi yang dilakukan bersama pihak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), maka dilakukan peningkatan nilai tambah ekonomi pada hasil sisa panen singkong menjadi suatu produk baru bagi desa pacellekang yaitu mengubah singkong menjadi kue yang dikemas menjadi bola-bola singkong. Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan di desa paccellekang kecamatan pattallassang kabupaten gowa dilaksanakan selama 30 hari, dengan adanya program ini masyarakat sangat terbantu dalam memaksimalkan potensi sumber daya lokal yang melimpah berupa singkong yang awalnya hanya dapat terbuang sia-sia dan setelah mengikuti program masyarakat tersebut dapat mengolah dan menghasilkan produk olahan baru dari bahan dasar singkong

References

Nur, H., Juharni, J., danMaidin, R. (2019). Implementasi Program DesaSehat Di Desa Pacellekang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 1(2), 35-42.
Anggraheni, I., Yuniar, E., Tuanany, M. S., Ahsani, M. Y., Rachmawati, K. S., Qayyim, M. I., ... dan Yusuf, L. O. (2020). Branding “Keripik Singkong” Untuk Mewujudka nDesa Sejahtera Mandiri Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 218-221.
Harsita, P. A., dan Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19-27.
Paramita, M., Muhlisin, S., danPalawa, I. (2018). PeningkatanEkonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19-30.
Soepriyadi, N., Dangga, S. A., danLaela, N. (2019). Pelatihan Pengolahan Selai Pisang, Bola-Bola Singkong, Kering Singkong Pedas Manis Dan Packaging Yang Baik. Jurnal Abdikarya: Jurnal KaryaPengabdian Dosen dan Mahasiswa, 3(1).

Downloads

Published

2021-07-06