Pemberdayaan Taman Pendidikan Al Qur an (TPA) di Desa Sunggumanai

Authors

  • Mustafa Gani STIEM Bongaya
  • Ahmad Asyraf STIEM Bongaya

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di desa sunggumanai melalui pendampingan
pendidikan TPA merupakan kegiatan pengabdian sosial yang dibutuhkan oleh
masyarakat dan anak-anak di desa sunggumanai, hal ini dilakukan untuk
mengajarkan iqro sampai Al quran bagi anak yang berusia 5-15 tahun di TPA
Ahmad Satria Anugrah dusun lamuru. Di dusun lamuru desa sungguamanai
masih minim penggunaan Alqur’an dalam proses pendidikannya atau
pengajarannya dan kurangnya SDM yang dapat mengajar TPA. Menurut (Guru
TPA Ahmad Satria Anugrah) Rata-rata santri di setiap dusun desa sunggumanai
yang masih belajar iqro, 30% santri belajar Al Qur’an dan 4% orang tua yang
buta huruf baca Al-Qur’an. Pendampingan TPA ini dilakukan di setiap dusun di
desa sunggumanai, dengan bersama-sama melaksanakan pembelajaran offline.

References

Haerini Ayatina, Fakhriyah Tri Astuti, and Putri Jannatur Rahmah. 2020. “Pengaruh Budaya Terhadap Sistem Pendidikan Taman Pendidikan Al Quran (Tpa): Studi Komparatif Tpa Al Muhtadin Dan Tpa Al Hidayah Di Yogyakarta.” Khazanah: Jurnal Mahasiswa 12 (1): 93–

Becker, Fernando Gertum, Michelle Cleary, R M Team, Helge Holtermann,

Fathurrahmah, Nurulli, Moh Amin, and M Shinwanudin. 2020. “Pendampingan

Standarisasi Guru Taman Pendidikan Al-Qur`an Melalui Pelatihan Metode Tilawati Berbasis Aset.” Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2): 65– 72.

Hasanah, Nur, and Abd Mujahid Hamdan. 2021. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).” Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat 1 (1): 70–88.

Kurniawan, Rudi Erwin, Nuzul Abdi Makrifatullah, Naufal Rosar, Yeni Triana, and Kata Kunci. 2022. “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia.” Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2 (1): 163–73.

Nurhalimah, Evi. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Remaja Islam Di Pringu Bululawang Malang.” INTAJ : Jurnal Penelitian Ilmiah 2 (01): 149–81. https://doi.org/10.35897/intaj.v2i01.117.

Sauri, Saupian, Siti Hapsah Hapsah, Nizar Amri, Ahmad Jumad, Safiatun Najwa, Latifaturrahmaniah Latifaturrahmaniah, and Ahmad Sakrani. 2021. “Implementasi Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu.” EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1 (01): 54–61. https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.200.

Septania, Sovi, Khairani Khairani, and Mashdaria Huwaina. 2021. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Melalui Pembuatan Kurikulum Berdasarkan Metode Multi-Sensori.” Jurnal Abmas Negeri 2 (2): 61–68.

Winanta, Aji, Muhammad Arif Rizqi, Rifki Febriansah, and Annisa

Krisridwany. 2021. “Program Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Penurunan Stres Pengasuhan Orang Tua Berbasis Taman Pendidikan

Alquran (TPA).” Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian

Masyarakat, no. 2008: 296–300. https://doi.org/10.18196/ppm.32.209.

Downloads

Published

2023-12-31