Penguatan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mencegah KDRT Desa Mohiyolo Kabupaten Gorontalo

Indonesia

Authors

  • Sri Nanang Meiske Kamba Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Mohamad Kasim Universitas Negeri Gorontalo
  • Trubus Semiaji Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Penguatan, Tokoh Masyarakat, KDRT

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan masalah yang serius yang mempengaruhi kehidupan keluarga dan masyarakat secara luas. Pengabdian masyarkat ini berfokus pada penguatan tokoh masyarakat melalui kegiatan penyuluhan hukum berbasis kearifan lokal. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran hukum peserta penyuluhan di Desa Mohiyolo Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Penyuluhan hukum ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 Pukul 09.00-12.00 Wita yang bertempat di aula Kantor Desa Mohiyolo yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan pada kegiatan penyuluhan hukum adalah dialog interaktif antara peserta dengan narasumber. Sasaran kegiatan penyuluhan hukum adalah masyarakat terutama perempuan yang menjadi korban kekersan dalam rumah tangga. Kegiatan memberikan kesan  dan kesadaran hukum dalam membentuk sikap dan tindakan masyarakat  yang peduli satu sama lainnya. Hal ini terlihat dari antusiasme dan keterlibatan peserta  dalam kegiatan penyuluhan hukum. Kegiatan penyuluhan hukum ini menjadi langkah awal untuk memberikan kontribusi meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam mewujudkan desa peduli perempuan yang anti kekerasan di Desa Mohiyolo Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo.

Kata Kunci: Penguatan, Tokoh Masyarakat, KDRT

References

Cut Mutia Siregar, F. S. (2021). Dampak Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak . Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Konseling Islam 3 (1) , 28-29.

Farida Kusumawati, Y. H. (2010). Keperawatan Jiwa . Jakarta : Salemba Medika .

Ismiati, S. (2020). Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Dan Hak Asasi Manusia (HAM). Yogjakarta: CV Budi Utama .

Mulia, S. M. (2005). Muslimah Reformis: Perempuan Pembaru Keagamaan . Bandung : PT Mizan Pustaka.

Nurul Husna, J. S. (2017). Aplikasi Tahapan Pertolongan Dalam Pekerjaan Sosial Di Rumah Perlindungan Sosial Anak (Studi Di Panti Sosial Asuhan Anak Darussa'adah Aeh Besar). Jurnal Al-Ijtimaiyyah/4 (2), 4-5.

Oktir Nebi, Y. A. (2021). Hukum Kekerasan Dalam Rumah Tangga Perspektif Teori Perlindungan Hukum. Sumatra Barat : CV Azka Pustaka .

Rosma Alimi, N. N. (2021). Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perempuan . Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat 2 (1), 22-23.

Santoso, A. B. (2019 ). Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Perempuan:Perspektif Pekerjaan Sosial. Jurnal Pengembangan Masyarakat islam 10 (1), 40-41.

Downloads

Published

2023-04-30