Workshop Penerapan Sistem Informasi OSIS Berbasis Web di Lingkungan Yayasan Islam Al-Mubarok Kota Tasikmalaya

Authors

  • Yani Sri Mulyani Universitas Bina Sarana Informatika. Kota Tasikmalaya
  • Agung Baitul Hikmah Universitas Bina Sarana Informatika. Kota Tasikmalaya
  • Herlan Sutisna
  • Iqbal Iskandar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Akmal Sidik Universitas Bina Sarana Informatika. Kota Tasikmalaya
  • Mahesa Fajar Nugraha

Keywords:

Aplikasi, OSIS, Sistem Informasi, Website

Abstract

Kegiatan ini dilatar belakangi untuk memberikan kontribusi kepada siswa -siswi MA As-Sa’adah di bawah  Yayasan Islam Al’Mubarok Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya dalam meningkaykan keahlian menguasai pengelolaan Teknologi aplikasi sitem informasi dan tata cara penggunaanya untuk di implementasikan pada organisasi siswa intra sekolah  (OSIS). Sebelum adanya sistem informasi, data informasi yang di sebarkan hanya memanfaatkan media sosial sebagai informasi kegiatan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut. Maka dilakukan pelatihan Aplikasi sistem informasi dan tata cara penggunaannya  yang dilaksanakan di sekolah MA As-Sa’adah. Tujuan dari Pengabdian ini yaitu meningkatknya pengetahuan dan keterampilan terkait keahlian pengelolaan Aplikasi sistem informasi untuk pengurus OSIS  MA As-Sa’adah. Metode yang digunakan adalah workshop, diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber, hasil kegiatan pelaksanaan pengabdian masayarakat di MA As-Sa’adah adalah peserta memiliki keterampilan, keahlian dan pengetahuan terkait pengelolaan kepengurusan OSIS berbasis website, sedangkan target luaran pada kegiatan pelatihan yang dihasilkan berupa sistem  informasi yang diperuntukan untuk OSIS.

References

Agustino, D. P., Jepriana, W., & Putra, I. P. (2020). Pelatihan Microsoft Office dan Desain Grafis untuk Perangkat Desa. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 38–48.

Fikri Sallaby, A., Latipa Sari, H., Syahrul Adlom, M., & Arsipan, A. (2023). Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Bengkulu Utara Menggunakan CMS Lokomedia. JURNAL ABDIMAS TGD, 3(1).

Hapsari, J. P., Khosyi’in, M., & Badie’ah, B. (2022). Pembuatan dan Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 22. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.22-30

Izzah, N. (2020). Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Sekolah. JABB, 01(02). https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2

Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 105–110.

Hasbiyadi, M. M. A., Mansyur Tanra, A., Masyita, S., Saleh, D., Mochtar Andi Dahrul, H., & ernawati. (2023). Peningkatan Pengetahuan Digital Marketing di Kalangan Pelaku UMKM. Erniwati Madya, 2(2), 48–59.

Ramadhani, I. A. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan, 6(2), 1–15.

Wahyudi, B. A., & Palupi, I. (2021). Pembuatan Sistem Informasi Sekolah Di Sdn Cidahu Purwakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(01). https://doi.org/10.25124/charity.v4i1

Downloads

Published

2023-12-31