Pelatihan Labeling Untuk Pelaku UMKM Di Kabupaten Sidrap

Authors

  • Zulkarnain Basir STIEM Bongaya Makassar
  • Muh. Ma'ruf Idris Universitas Negeri Makassar
  • Hardiani STIEM Bongaya
  • Rohady Ramadhan
  • Misbahuddin

Abstract

Kegiatan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pelaku UMKM di Kabupaten Sidrap dalam hal pembuatan label terhadap produk yang mereka hasilkan. Pelatihan labeling ini di hadiri oleh 50 orang peserta di kalangan pelaku UMKM dari bebragai jenis usaha dan produk yang berdomisili di kabupaten Sidrap. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara pemerintah kabupaten Sidrap dan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan. Pelaksanaan kegiatan selama 2 hari, mulai tanggal 18-19 Oktober 2023 yang bertempat di aula SKPD Sidrap. Kegaiatan pelatihan ini dilaksanakan 2 tahap diaman tahap pertama kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi dan tahap kedua dilakukan dengan melakukan praktek langsung pembuatan labeling. Diharapkan dengan pelatihan ini para pelaku usaha di kalangan UMKM di kabupaten Sidrap memiliki pengetahuan dan keterampilan  mendesain label. Adapun hasil yang diperoleh setelah kegiatan pelatihan labeling ini adalah bertambahnya pengetahuan dan pemahaman para pelaku umkm tentang branding Produk setelah mengikuti kegiatan ini,  bertambahnya pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang pentingnya setiap pelaku UMKM melakukan branding produk dan bertambahnya pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk membangun kekuatan merek usaha di kalangan para pelanggan.

References

Augustinah, F., Sholichah, N., & Pramudiana, I. D. (2017). Manajemen Usaha Pembuatan Kemasan Dan Labeling Pada Home Industry Kue Basah Kelompok Dasawisma Kri Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147–155.

Handini, Y. D., Suhartono, S., & Wahjuni, S. (2017). Kegiatan Pelabelan, Pengemasan Dan Pemasaran Kerupuk Dan Rengginang Panarukan Situbondo. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 68–81.

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624-632.

Sa’diyah, H. (2020). Inovasi Pengemasan Dan Pelabelan Dalam Meningkatkan Daya Saing. Al-Iqtishady: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 56–67.

Sucihati, R.N., Suprianto., Sutanty, M., Haryadi, W., Ismawati. 2021. Penyuluhan dan Pelatihan Labeling, Packaging dan Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal (JPML), 4 (2), 277-282.

Downloads

Published

2023-12-31