Focus and Scope

 

JAB (Jurnal AbdiMas  Bongaya) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel jurnal JAB yang dipublikasikan oleh STIEM Bongaya Makassar  meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di JAB  maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. JAB menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: Biosains, Kesehatan, kelautan, pertanian, Pendidikan, Hukum, Ekonomi, dan Keteknikan. (JPMB) Jurnal Pengabdian Masyarakat  Borneo diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh STIEM Bongaya Makassar. 

JAB  menerapkan kebijakan double blind review dimana setiap tulisan yang masuk akan dikirimkan kepada mitra bestari dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis tidak mengetahui identitas reviewer. Proses review dapat berlangsung maksimum sampai 30 (tiga puluh) hari kerja dengan alokasi waktu yang diberikan kepada tiap mitra bestari dalam menyelesaikan proses review nya adalah maksimum 14 (empat belas) hari kerja. Jika mitra bestari yang ditunjuk sebelumnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaan review-nya dalam tenggat waktu yang ditentukan maka ketua dewan redaksi akan menunjuk mitra bestari pengganti untuk melakukan review tulisan yang dimaksud. Perekrutan mitra bestari dilakukan secara terbuka berbasis kebutuhan yang ada pada JAB.

This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative