FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI PADA MINIMART DI TODDOPULI MAKASSAR)

Authors

  • Yustina Lisna Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Muhammad Irwan Nur Hamiddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Hasbiyadi Hasbiyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Khaeril Khaeril Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

Keywords:

faktor pribadi, faktor sosial, keputusan pembelian

Abstract

Yustina Lisna Sari et al. (2024), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Melakukan Pembelian Produk (Studi Pada Minimart Di Toddopuli Makassar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Faktor pribadi Dan faktor Sosial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Minimart Di Toddopuli Makassar, Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitasnya, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi Multikolinearitas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung > t tabel (3,931> 1.661). Berarti faktor pribadi memberikan kontribusi yang nyata terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kedua diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung (4,471> 1.661). Berarti faktor sosial memberikan kontribusi nyata terhadap keputusan pembelian. Hipotesis ketiga diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis F hitung 28,458 > Ftabel 3.10. Berarti Faktor pribadi Dan faktor Sosial secara simultan memberikan kontribusi nyata terhadap keputusan pembelian.

Yustina Lisna Sari et.al  (2024), This study aims to determine whether personal factors and social factors influence product purchasing decisions (studies at minimarts in Toddopuli Makassar, collecting data using primary data obtained from questionnaires. Determining the sample using the Accidental Sampling method with the slovin formula, so that the sample in this study is The results of the questionnaire have been tested for validity and reliability, and classical assumptions in the form of assumptions of normality and multicollinearity have been tested.The data analysis method uses multiple regression analysis techniques. The results showed that the first hypothesis was accepted because it showed the results of the hypothesis test t count > t table (3.931 > 1.661). Means personal factors make a real contribution to purchasing decisions. The second hypothesis is accepted because it shows the results of the hypothesis test t count (4.471> 1.661). Means social factors make a real contribution to purchasing decisions. The third hypothesis is accepted because it shows the results of the hypothesis test F count 28.458 > Ftable 3.10. Means personal factors and social factors simultaneously make a real contribution to purchasing decisions.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles