FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI PADA MINIMART DI TODDOPULI MAKASSAR)

Penulis

  • Yustina Lisna Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Muhammad Irwan Nur Hamiddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Hasbiyadi Hasbiyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Khaeril Khaeril Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

Kata Kunci:

faktor pribadi, faktor sosial, keputusan pembelian

Abstrak

Yustina Lisna Sari,dkk (2023), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Melakukan Pembelian Produk (Studi Pada Minimart Di Toddopuli Makassar), dibimbing oleh Hasbiyadi dan Muhammad Irwan Nur Hamiddin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Faktor pribadi Dan faktor Sosial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Minimart Di Toddopuli Makassar, Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitasnya, juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi Multikolinearitas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung > t tabel (3,931> 1.661). Berarti faktor pribadi memberikan kontribusi yang nyata terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kedua diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis t hitung (4,471> 1.661). Berarti faktor sosial memberikan kontribusi nyata terhadap keputusan pembelian. Hipotesis ketiga diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis F hitung 28,458 > Ftabel 3.10. Berarti Faktor pribadi Dan faktor Sosial secara simultan memberikan kontribusi nyata terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Faktor Pribadi, Faktor Sosial, Keputusan Pembelian

Diterbitkan

2024-08-30

Terbitan

Bagian

Articles