Pengenalan Digital Marketing untuk UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace

Authors

  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Telkom University
  • Daniel Yeri Kristiyanto Telkom University
  • Lina Fatimah Lishobrina Telkom University
  • Delia Pebina Br Ginting Telkom University

Keywords:

Sokawera Kidul Village, Digital Marketing, Marketplace, Sosial Media

Abstract

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertahan dan berkembang di era modern. Namun, masih banyak UMKM di wilayah semi-perkotaan seperti Desa Sokawera kidul yang belum memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai sarana promosi usaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan digital marketing, khususnya melalui media sosial dan marketplace. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi masalah, pelatihan teknis selama tiga hari, dan pendampingan daring selama dua minggu. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dari rata-rata 45,3% menjadi 83,7% pada post-test. Sebanyak 90% peserta berhasil membuat dan mengunggah konten promosi, serta 70% berhasil membuat marketplace. Pendampingan pasca pelatihan menunjukkan bahwa 60% peserta tetap aktif mempraktikkan digital marketing. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kehadiran online UMKM lokal. Kegiatan ini dapat direplikasi di wilayah lain sebagai bagian dari strategi pemberdayaan ekonomi berbasis teknologi.

References

Agus, A., Mappamiring, P., Abu, M., Parinsi, K., & Syafrie, M. (2023). Pelatihan penyusunan strategi pemasaran bagi pelaku usaha pengolahan ikan Jutsuka di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Abdimas Bongaya, 3(1).

Amelia, R., Saputra, M., & Kartika, D. (2024). Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM di Desa Kertosari: Pendekatan Partisipatif dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 88–95.

Fadhilah, R., Purwanto, A., & Dwiastanti, A. (2023). Digital marketing training for SMEs to increase product marketing reach. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 123–132.

Husna, R., & Permana, A. (2024). Peran Website dalam Membangun Kredibilitas Produk UMKM di Era Digital. Jurnal Teknologi dan Informasi Masyarakat, 6(1), 78–86.

Mardiana, A., Baharuddin, S. M., Suryady, A. T. Y., Sutadji, W. J., & Limbunan, E. (2023). PKM Desa Paccekke dalam peningkatan produksi dan pemasaran hasil produk bumi. Jurnal Abdimas Bongaya, 3(2).

Mus, M., Hasbiyadi, H., Tanra, M., Masyita, S., Saleh, D., Rusni, R., Mokhtar, H., Dahrul, A., & Madya, E. (2022). Peningkatan pengetahuan digital marketing di kalangan pelaku UMKM. Jurnal Abdimas Bongaya, 2(2).

Ningsih, Y. L., & Santoso, D. (2023). Strategi digital marketing dalam meningkatkan omzet penjualan UMKM di era digitalisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 55–64.

Nurdin, A., & Pratiwi, Y. (2022). Transformasi digital pada UMKM: Peluang dan tantangan dalam penggunaan marketplace. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 77–86.

Rahmatullah, M., Widodo, A., & Lestari, N. (2025). Pelatihan Digital Marketing Dasar untuk UMKM di Wilayah Semi-Perkotaan. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 66–74.

Rahmawati, I., & Yuniarti, D. (2022). Pemberdayaan UMKM kuliner melalui pelatihan pemasaran digital. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 4(1), 45–54.

Sari, W. D., Hapsari, R., & Kusuma, T. (2023). Pengembangan branding produk UMKM melalui website dan Instagram bisnis. Jurnal ABDI Kreatif, 5(2), 88–97.

Setiawan, D. R., & Ramadhani, N. (2022). Digital Marketing untuk Pemula: Strategi dan Implementasi Praktis. Bandung: Literasi Digital Nusantara.

Wahyuni, E., Fajar, S., & Azzahra, T. (2023). Transformasi Strategi Pemasaran UMKM di Era Digitalisasi Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Inovasi Digital, 4(2), 112–123.

Downloads

Published

2025-06-30