Pelatihan Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Bagi Masyarakat Desa Menuju Ekonomi Mandiri
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan dan kemampuan inovasi produk masyarakat Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar dalam rangka mewujudkan ekonomi mandiri berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, demonstrasi, praktik langsung, dan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada 18 September 2025 di Aula Desa Sunggumanai dan diikuti oleh 25 peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan, dari rata-rata skor pre-test 38% menjadi 84% pada post-test (gain 46%). Peserta mampu menghasilkan dua produk inovatif berbahan dasar lokal serta meningkatkan keterampilan pengemasan hingga 80% kategori layak jual. Selain itu, terbentuk tiga kelompok usaha baru sebagai bentuk keberlanjutan program. Tingkat kepuasan peserta mencapai 92%, dengan permintaan pendampingan lanjutan terutama pada pemasaran digital dan legalitas usaha. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas masyarakat secara terukur dan memberikan dampak positif terhadap kemandirian ekonomi desa. Program ini direkomendasikan untuk dilanjutkan melalui pendampingan intensif dan monitoring berkelanjutan.
References
Abd. Mansyur Mus, Sufiati (2024). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dalam Peningkatan Produktivitas UMKM Di Sanrobone. Jurnal Abdimas Bongaya Vol 4 Nomor 1.
Arsyad, L., & Karim, A. (2021). Entrepreneurship literacy in rural communities: Challenges and opportunities. Journal of Rural Development, 45(3), 210–224.
Djaharuddin, D., Djufri, F., Ismail, A., Mabrur, M., & Hardiayanti, S. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Tupperware pada PT. Dian Nugraha Sakti Di Makassar. Jurnal Ilmiah Bongaya, 2(1), 25–32. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/163
Hadi, S., & Prasetyo, W. (2022). Local resource-based product innovation for rural MSMEs. International Journal of Entrepreneurship Studies, 12(2), 55–68.
Hake, R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana University Press.
Ifedili,C.(2022). Community empowerment through group-based entrepreneurship. Community Development Journal, 57(4), 612–628.
Kolb, D. (2021). Experiential learning: A sourcebook for innovative teaching. Pearson Education.
Marini, D., & Darma, Y. (2022). The effect of training on entrepreneurship awareness in rural areas. Economic Education Review, 41(2), 133–145.
Putnam, R. (2020). The Upswing: How America came together and how we can do it again. Simon & Schuster.
Rahman, N., Yusuf, M., & Hasan, I. (2023). Training satisfaction and behavioral outcomes in community-based empowerment programs. Asian Journal of Community Engagement, 8(1), 45–59.
Rusdiaman Rauf, Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 7(1), 95–102. https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.594
Sari, R., & Widodo, A. (2023). Packaging innovation and its impact on MSME product competitiveness. Journal of Business & SME Development, 9(1), 77–92.
Yunus, M., & Ibrahim, A. (2020). Sustainable community empowerment: A participatory model. International Journal of Social Sciences, 28(3), 221–239.