Strategi Pemasaran Usaha Jagung Marming Dalam Meningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Pallantikang

Penulis

  • Muhammad Umar Data STIEM Bongaya
  • Herman Sjahruddin STIEM Bongaya
  • Nur Syamsu STIEM Bongaya
  • Hardiani Hardiani STIEM Bongaya
  • muhammad Yahya Yusnang STIEM Bongaya

Kata Kunci:

Pemanfaatan SDA, Produksi Jagung Marning, Startegi pemasaran jagung marning

Abstrak

Pembuatan Jagung Marning merupakan pemamfaatansalahsatusumber daya alam (SDA) yang melimpah di masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain menghasilkan produk jagung marning yang berkualitas maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk jagung marning tersubut bisa diterima dan terjual di masyarakat. Selama ini produksi jagung sangat melimpah namun pemamfaatanya kurang maksimal, oleh karena itu dengan pembuatan jagung marning ini merupakan alternative pemamfaatan jagung yang ada di masyarakat khususnya di Desa Palantikang Kabupaten Gowa. Dalam pengabdian ini terlebih dahulu kami melakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data yang akurat, kemudian melakukan serangkaian kegiatan untuk melakukan proses produksi jangung marning dan setelah itu menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil dari pengabdian ini kami mampu menghasilkan produk jagung marning yang berkualitas dengan kemasan yang menarik serta didukung oleh pemasaran secara online sehingga mampu meningkatkan pendapatan masarakat di Desa Palantikang.

Referensi

STIEM Bongaya.(2021). Pedoman Penulisan Laporan Kuliah Kerja Lapangan.Makassar.
STIEM Bongaya.(2021). Pedoman Penulisan Laporan Kuliah Kerja Lapangan.Makassar.
Jumarniati Jumarniati, Muhammad Rusli Baharuddin, Wakifatul Hisani (2020). Peluang
Wirausaha Mandiri melalui Diversifikasi Olahan Kelapa. To Maega : Jurnal Pengabdian
Masyarakat , Vol.3, No.2, ISSN(P): 2622-6332; ISSN(E):2622-6340
http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega

Diterbitkan

2021-06-29