Peningkatan Pengetahuan Digital Marketing di Kalangan Pelaku UMKM
Abstrak
Pelaku UMKM dalam kegiatan mengolah produk serta memasarkan produk mereka , diperoleh informasi bahwa UMKM di Kabupaten Gowa tepatnya dikacamatan Pattallassang belum mampu secara optimal dalam melakukan promosi dan memasarkan produknya dengan berbasis digital, banyak dari pelaku UMKM dalam memasarkan produknya masih dalam system tradisional dengan menanti pembeli datang. Hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi, tentang bagaimana literasi mengenai memasarkan produk secara digital serta pemahaman pentingnya pelaku UMKM melek digital.Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan informasi dan pemahaman Literasi gital marketing bagi pelaku UMKM sehinggan nantinya para pelaku UMKM bisa melek Teknologi serta mereka dapat lebih meningkatkan omset penjualan ketika memakai teknologi dalam memasarkan produknya. Tujuan yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini ialah pelaku UMKM mampu menggunakan teknologi dalam memasarkan produknya serta mengharapkan pelaku UMKM melek digital. Upaya konkrit yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Metode pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan partisipatif. Metode penyampaian materi dalam bentuk ceramah. Bentuk ceramah digunakan pemateri untuk menyampaikan materi kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi.Perkembangan UMKM di Kabupaten Gowa tidak luput dari berbagai masalah yang menghambat kegiatan usaha tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dan informasi tertulis dalam bentuk kuesioner dari para pelaku usaha sebagai peserta dalam kegiatan tersebut diperoleh informasi bahwa UMKM yang mereka kelola berkembangan dengan baik, namun dalam masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Peserta setelah mengikuti ulasan atas materi yang dijelaskan, baik oleh pemateri dan tambahan penjelasan dari tim dosen yang lain, maka ada bebrapa harapan mereka agar kegiatan ini dapat dtindaklanjuti dalam bentuk yang lebih teknis yakni dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis.1. Perkembangan UMKM telah berjalan dengan baik dan keberadaan UMKM telah banyak memberikan manfaatkan bagi masyarakat setempat.Sebagain besar pengusaha UMKM belum melakukan digital marketing dengan baik. Terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan UMKM yaitu kemampuan SDM yang masih rendah, pangsa pasar barang/jasa yang dihasilkan UMKM masih terbatas, kurangnya permodalan, tidak memiliki sistem pembukuannya belum baik.serta kurang pahamnya pelaku UMKM bagaimana memasarkan produk dengan berbasis Digital.
Referensi
A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” Semin. Nas. Keuang. dan Bisnis IV, no. April 2015, pp. 327–337, 2015.
S. Mas and A. Resources, “Kata Kunci : E-Bisnis, Penerapan E-Bisnis pada PT SMART, Tbk dan Analisis Penerapan E-Bisnis pada PT SMART, Tbk 1),” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. VI, no. 2, pp. 52–59, 2008.
Supangat, F. H. Chandar, and A. Hermanto, “The design of e-learning applications by considering aspects of the user’s personality based on students take courses in humancomputer interaction,” MATEC Web Conf., vol. 154, 2018.
A. Hermanto, S. Supangat, and F. Mandita, “Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus : SIAKAD Politeknik XYZ,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 33, 2017.