PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI PADA BURSA EFEK INDONESIA)

Authors

  • Erni Madya STIEM Bongaya
  • Djamilah Saleh STIEM Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i2.197

Keywords:

Struktur Modal;, kebijakan Dividen;, Nilai Perusahaan;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah (1) Struktur modal berpengaruh signifikan dan positif
terhadap kebijakan dividen (2) kebijakan dividen berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan (3)
struktur modal berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, dan (4) struktur modal berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan yang dimediasi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur Sektor Industri
Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di BEI
tahun 2012-2014. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel 16
perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1)struktur modal berpengaruh signifikan dan positif terhadap kebijakan dividen (2) Kebijakan dividen berpengaruh
signifikan dan negative terhadap nilai perusahaan(3) struktur modal berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai
perusahaan dan (4) struktur modal berpengaruh signifikan dan negative terhadap nilai perusahaan yang dimediasi
kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Madya, E., & Saleh, D. (2019). PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI PADA BURSA EFEK INDONESIA). BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(2), 73–97. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i2.197