Pengaruh Risiko Pembiayaan dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas

Authors

  • Andi Fahriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i1.335

Keywords:

Risiko, Pembiayaan, Efisiensi, Operasional,Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel risiko keuangan berpengaruhparsial terhadapprofitabilitas, apakah variabel efisiensi operasional berpengaruh parsial terhadap profitabilitas, dan apakah variabel risikokeuangan dan variabel efisiensi operasional berpengaruh secara simultan terhadapprofitabilitas. Pengumpulan data ini menggunakan datasekunder diperolehdari laporan keuangan publikasi PT BankBRI Syariah Tbk. Populasi adalah total laporan keuangan BRI Syariah Tbk dan sampelnya adalah 8 tahun atau 32 data triwulanan. Laporan keuangan. Hasil kuantitatif diujivaliditas dan reliabilitasnya, serta uji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, multikolinealitas, heteroskedastisitas. Metodeanalisis ini menggunakanmetode regresi linier berganda. Hasil penelitianini, berdasarkan hasil uji parsial (uji t), menunjukkanvariabel risiko pembiayaan tidak berpengaruhsecara parsial terhadap profitabilitas PTBank BRISyariah, sedangkan variabel d efisiensi operasional berpengaruh parsial terhadap profitabilitas. di PT Bank BRI Syariah. . PT Bank BRI Syariah. Berdasarkan hasiluji hipotesis secarasimultan (uji f), terlihat bahwa variabel “Risiko keuangan” dan “Efisiensi operasional”secara simultanberpengaruh terhadapprofitabilitas.

References

Agus Harjito dan Martono (2010:4), Prinsip- prinsip manajemen keuangan. Yogyakarta: Ekonisia
ArifinZainul, 2016. Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, Cet. Ke-4 (Jakarta: Pusat Alvabet.
Darsono,2016. Manajemen Keuangan Pendekatan Praktis Kajian Pengambilan Keputusan Bisnis Berbasis Analisis Keuangan (Jakarta:DIANDIT Media.
Hadiyati dan Baskara, 2013.Pengaruh Non Performing Financing Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada Bank Muamalat Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Perbanas Institute
Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nur Kholis dan Lintang Kurniawati 2018, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam ”Pengaruh Pembiayaan dan Efisiensi Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah”, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.
Ramadani, D., & Rasyid, R., 2019. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017. Kajian Manajemen Dan Wirausaha.
Riyanto,2019. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM, dan LDR terhadap ROA. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca SarjanaUniversitas Diponegoro Semarang.
Setiawati, Rois dan Aini 2017.”pengaruh kecukupan modal, risiko pembiayaan, efesiensi operasional dan liquiditas terhadap profitabilitas”; Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia.
Sri Muliawati dan Moh. Khoiruddin, 2015 “Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), NPF, FDR (Financing to Deposit Ratio), BOPO dan SWBI (Sertifikat Wadiah Bank Indonesia) TerhadapROA(Return On Asset) pada Bank Umum Syariah di Indonesia”, (Management Analysis Journal 4(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang), ISSN 2252-6552.
Veithzal Rivai dan Arviyan Arifin,2010. Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Wangsawidjaja A,2012. Pembiayaan Bank Syariah; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Fahriani, A. (2022). Pengaruh Risiko Pembiayaan dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 5(1), 26–35. https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i1.335