Pengaruh Endors Selebgram Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Gallery Phone Makassar

Authors

  • Rahman Rahim UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.392

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dukungan selebriti dan harga terhadap keputusan pembelian ponsel di Galeri Ponsel Makassar. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari konsumen di Gallery Phone Makassar yang kemudian dijadikan sebagai responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik insidental dengan populasi sebanyak 82 responden. Hasil data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket telah diuji dengan uji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi multikolinearitas dan asumsi heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh tersebut dapat dilihat dari koefisien determinasi dimana nilai adjusted R Square sebesar 0,48,4 atau 48,4%. Sehingga dapat dikatakan bahwa 48,4% pengaruh Keputusan Pembelian disebabkan oleh Celebrity dan Price Endors sedangkan sisanya 51,6% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat
Achmad Fauzi DH (2018) Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian(Survei Online pada Konsumen Produk Erigo Jakarta melalui Instagram)
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.
Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Arief, S. Sadiman, dkk. (1996).
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Basu, Swastha.2010.Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM
Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.
Choliq, Abdul.2011. Manajemen Haji dan Wisata Religi. (Semarang: Mitra Cendikia).
D. Pradhan, et al. Golden Heart of the Nature: Piper betle L. 6, 2014, Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, Vol. 1, pp. 147-167
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru. http://repository.upi.edu/17628/4/S_MBS_1001311_Bibliography.
Dedy Ansari. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 7, No. 3, November 2015, hlm. 227-242.
Diah Lailatul Awalliah, Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsment terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariahiain Ponorogo, (Skripsi Fakultas Syariah IAIN Ponorogo, 2018)
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi
Firmansyah Halim, Nur Rizal (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Aksesoris Handphone Merk Iphone : Jurnal Ilmiah Bongaya Vol 5 No 1
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Ricky W. Dan Ronald J. Ebert, dalam amelinda (2011). Business, 8th Edition, Pearson International Edition, New Jersey, Prentice Hall.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Orfyanni S. T, Isnaeny R, Rika , M. Faisal, Muh. Syawal O (2017). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Travel Online Terhadap Penjualan Paket Wisata Pada Tx Central Tour & Travel Makassar. Jurnal lmiah Bongaya Vol.2 No .1
Sri Mulyana (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru Jurnal Daya Saing Vol. 7, No.2
Tafsir. M, AI Nadita (2020).Tanggung Jawab Sosial Dan Citra Merek: Sebuah Model Peningkatan Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management,Vol 4 No 1.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Rahim, R. (2022). Pengaruh Endors Selebgram Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Gallery Phone Makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 5(2), 10–16. https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.392