Service Excellent dan Kualitas Produk : Sebuah Kajian Tentang Loyalitas Nasabah

Authors

  • Sitti Fatimah Universitas Islam Negeri Makassar
  • Salma Abdullah STIEM Bongaya
  • Nurul Hifdziyah Amniar Universitas Islam Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.401

Abstract

Penelitian  ini  memiliki tujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  secara  parsial  dan simultan antara Service excellent dan kualitas produk terhadap loyalitas nasabah.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 219 pegawai IAIN Bone yang telah menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang pembantu Bone, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 142 pegawai dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear  berganda. Penelitian ini menggunakan bantuan software pengolahan data SPSS 24.0. Hasil yang diperoleh pada analisis secara parsial menjelaskan bahwa Service excellent berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas, sedangkan secara parsial hasil yang di dapatkan adalah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone. Adapun hasil analisis secara simultan di peroleh hasil bahwa Service excellent dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 64,4%.

References

Al-Qur’an Karim Dan Terjemahan (2021). Kementrian Agama Republik Indonesia.
Ali Akhmad, Hidayat Noor (2021)., ‘Hingga Maret 2021, Aset Perbankan Syariah Tumbuh 12,8 Persen’,
Anggia, Tulandi Riry, Lotje Kawet, And Imelda Ogi (2015), ‘Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post’,.
Anggun Citra Novita Dkk, (2016). ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16.1 .
Darma, Budi (2021)., Statistika Penelitian Menggunakan Spss Dki Jakarta.
Fatimah, Siti, (2021). ‘Pengaruh Faktor Psikologi, Faktor Budaya, Faktor Personal, Dan Faktor Sosial Terhadap Strategi Inovasi Dan Keputusan Mahasiswa, Studi Empiris Pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar’
Sitti Fatimah, Salma Abdullah, Nurul Hifdziyah Amniar , Service Excellent dan Kualit Produk :
Sebuah Kajian Tentang Loyalitas Nasabah | 9
Fatimah, Siti (2021). Growing Customer Loyalty Through Excellent Service And Business Ethics. Jurnal BJRM Vol 4 No.2.
Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi,
Hidayat, Rachmad,(2009). ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri’, urnal Manajemen Dan Kewirausahaan
Ifur, Anwar, And Satrio Budhi, (2009) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya’, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4.12 .
Khaerunnisa, Handini (2013)., ‘Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah’, Jurnal Studi Akuntansi Dan Bisnis, 1.1
Kurniawan, Dedek, (2019). ‘Analisis Kualitas Produk Tabungan Faedah Dan Kualitas Pelayanan Dalam Perspektif Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Bri Syari’ah Kantor Cabang Mojokerto’,
Munzir, T., And Rona Tanjung (2021)., ‘Kepuasan Nasabah Effect Of Service Quality And Product Quality On Customer Satisfaction Detail Artikel : Di Era Globalisasi Ini Sudah Merupakan Fenomena Yang Tidak Dapat Dihindarkan Dalam Dunia Industri , Dengan Ditandai Dengan Perubahan-Perubahan Yang Se’, 10 .
Rizal Fahmi, Annas Syams, (2019). ‘Analisis Pengaruh Pelayanan Pada Lembaga Keuangan Syari’ah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta’, Islamic Economics Journal, 5.2 .
Sigit, Kharisma Nawang, And Euis Soliha (2017). , ‘Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah’, Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21.1
Trimulato, Trimulato, Muhlis, Farid, Supriadi Hamid, And Trisno Wardy Putra, (2021). ‘Service Excellent For Islamic Micro Financial Institution During Covid-19 Pandemic’, Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 10.1
Wahidmurni, (2017), ‘Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif’, 93.I
Wahyuni Sri,(2021). ‘Pengaruh Pelayanan Prima Dan Etika Bisnis Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kc Makassar’.
Wilarjo, Setia Budhi, (2014), ‘Pengertian, Peranan, Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia’, Igarss 2014, 2.1 .
Yusuf, Muri, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan Penelitian Gabungan,
Zulkarnain (2020). , ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening ((Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu’amalah Cilegon)’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2.1

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Fatimah, S., Abdullah, S., & Amniar, N. H. (2022). Service Excellent dan Kualitas Produk : Sebuah Kajian Tentang Loyalitas Nasabah. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 5(2), 1–9. https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.401