PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PERUMAHAN PADA PT. CAHAYA FADILLAH UTAMA DI JENEPONTO
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i1.44Keywords:
Bauran pemasaran, kepuasan konsumenAbstract
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Perumahan Pada PT. Cahaya Fadillah Utama di Jeneponto .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen perumahan pada PT. Cahaya Fadillah Utama di Jeneponto. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka, penelitian lapangan dan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, analisis regresi linear, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran pada PT. Cahaya Fadillah Utama berada pada tingkat yang sangat tinggi atau kualitasnya sangat baik dengan persentase 86,07%. Kepuasan konsumen perumahan pada PT. Cahaya Fadillah Utama dengan keadaan sangat baik yang ditunjukkan dengan tanggapan responden sebesar 89,67%. Dari hasil perhitungan regresi didapatkan nilai sebesar Y=10,19n + 0,805X, sedangkan nilai koefisien kolerasi (r) sebesar 0,95 dimana hubungan bauran pemasaran dan kepuasan konsumen memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan koefisien determinasi (R) sebesar 90,25%. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan nilai t-hitung= yang lebih besar dari t-tabel= 1,292 pada tingkat taraf 10% (0,10) dan df=80-2=78 dengan titik persentase distribusi sehingga t-tabel= 1,292.