Peran Persepsi Sebagai Variabel Moderatin dalam Hubungan Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Menabung
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif yang mencakup pengumpulan dan analisis data yang berupa angka atau besaran tertentu dengan menggunakan pengujian statistic. Data yang diperoleh dari tabulasi angket atau kuesioner dengan sampel penelitian yang berjumlah 100 orang dari nasabah Bank Syariah Indonesia kc sungguminasa, gowa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap minat menabung di bank syariah dengan persepsi sebagai variabel moderating.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa, kemudian variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa. Dan variabel persepsi mampu memoderasi (memperkuat) hubungan antara kualitas produk terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa. Variabel Persepsi tidak mampu memoderasi hubungan antara citra merek terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa.
References
Andara Inda Nadita, Muhammad Tafsir (2020). Tanggung Jawab Sosial Dan Citra Merek: Sebuah Model Peningkatan Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management Vol 4. No.1
Al-Quran dan Terjemahan, Kementerian Agama RI (Jakarta, Wali, 2012)
Bagus Indratama dan Yessy Artanti. “Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan
Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri”, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 2 Nomor 4 Oktober 2014.
Agus, Eko Sujianto, Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2009.
Ahmad, Muanas dan Suherman, “Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 12, 2017.
Bastian, Danny Alexander. Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No. 1. 2014, hal. 1-9
Ghozali, Maski, "Analisis Keputusan Nasabah Menabung; Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi pada Bank Syariah di Malang" Journal of Indonesia Applied Economics, Vol. 4 (No.1), 2010.
Haryanto, Rudy, dkk. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Nilai Nasabah terhadap Citra Perbankan serta implikasinya pada Keputusan Nasabah Menabung dengan Karakteristik Nasabah sebagai Variabel Moderating pada Perbankan Syariah di Madura”. Madura: Jurnal Doktor Ekonomi Vol.1 No 1. Madura, 2016.
Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga keuangan Syari’ah, Yogyakarta: ekonosia, 2013.
Imam Ghazali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Undip, 2009
Ismawati, Peran Dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Penabung Pada Bank Syariah Mandiri Kcp. Panakkukang Kota Makassar. Al-Masriyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, Vol. 3, No. 1, 2019, hal.71-82
Inayah Nurul, “Analisis Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah,” dalam Jurnal At- Tawassuth, vol 2. No. 1. 2017.
Indratama, Aditya Bagus, Artanti, Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri, Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 4, 2014.
Kotler, Philip dan Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Edisi II, Erlangga, Jakarta. 2007. Miftah Thoha, Perilaku Organisasi, Konsep dan Aplikasinya (Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, 2008)
Muhammad Zuhirsyan dan Nurlinda, Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah, 10, No. 1, 2018.
Nugroho J Setiadi. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Prenada Media Grup, 2013.
Otoritas Jasa Keuangan, Snapshot Perbankan Syariah Indonesia, diakses 2 april 2022. Pratama, dkk, Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Kualitas Pelayanan dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Kota Semarang), Jurnal Studi Manajemen, 2015.
Sari Yanti, Evi Okatviani. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di surabaya”. Journal Of Business And Banking. Vol. 2. No.2. November 2012. hal. 7l - 184
Setiadi, J. Nugroho, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2003.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan dan Keserasian Al Qur'an, Vol. 1, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Siti Fatimah. “Influence Of Psychological Factors, Cultural Factors, Personal Factors and Social Factors on The Innovation and Strategy Student Decision: (UIN Alauddin Makassar, 2021.
Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung Alfabeta
Utomo, "Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya", Malang, Vol. 3, (No.1), 2014.
Wirawan, Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Aplikasi dan Penelitian (Jakarta: Rajawali Press, 2010).
Wirdyaningsih, “Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta (Kencana), 2005.
Wijaya H, Beik IS, Sartono B, “Pengaruh Kualitas Layanan Perbankan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah XYZ di Jakarta.” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Vol 3. No. 3. hal. 417-426. 2017.
Yustiani, Eva Rahma, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. VI No. 3, 2007.
Wahyuni, Idris. Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)Pada Perbankan Syariah Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating, Al-Masriyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Vol. 2, No. 1. April 2018, hal. 104- 115
Wirawan (2015). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian.Jakarta.Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Fatimah, Fitri Ayu Lestari, Nasrullah, Ampauleng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.