Analisis Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Transportasi Yang terdaftar di BEI

Authors

  • Hasniati STIE Wira Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.548

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Total Debt to Total Equity Ratio (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Pengaruh Total Aset (Growth) terhadap nilai Perusahaan (PBV) Pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (IDX). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi data sekunder yang berupa data laporan keuangan Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada penelitian ini penulis melakukan perhitungan kinerja Keuangan yaitu Total Debt to Total Equity Ratio (DER), melakukan perhitungan Total Aset (Growth). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria .tertentu. Sampel penelitian ini sebanyak 12 data laporan tahunan Perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Total Debt to Total Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) Sama dengan Total Aset (Growth) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

References

Amelia, F., & Anhar, M. (2019) "Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. 28,44”

Agustina, D. (2017). Pengaruh Corporate Governance dan Variable Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 19, N0. 1.

Chynthiawati, L., & Jonnardi, J. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan.

Damayanti, N. M. E., & Darmayanti, N. P. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi Dan Logistik. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(8), 1462.

Dewayani, P. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Advancement Center For Finance And Accounting, 1(1), 69–101.

Ermaini, E., & Arniwita, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Katagori Saham Blue Chips Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2014 Sukma Irdiana Stie Widya Gama Lumajang.

Hasmin, F. & Agung, A. (2021). Pertumbuhan Perusahaan Dan Corporate Size Dalam Pengaruhnya Terhadap Struktur Modal. In Jurnal Ilmiah Bongaya (Jib) Juni Xxxx.

Inayah, Z. (2022). Analisis Struktur Modal, Profitabilitas Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Penelitian Literature Review Manajemen Keuangan) Baru).

Krisnando, K., & Novitasari, R. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 71–81.

Lubis, R.S. (2023) "Analisis Pengaruh Debt To Equity, Return On Equity Dan Total Assets Turnover Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia."

Mutamimmah, M. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2017) (Vol. 9, Issue 2).

Meidiawati, K., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.05, No.02: 1-16.

Purwanto, A. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017).

Sapariyah, R. A., & Setyawan, R. (2021). Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).

Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E Jurnal ManajemenUniversitas Udayana,

Wulanningsih, S. (2020). Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018).

Yani, Y., & Widiasmara, A. (2023). Pengaruh Akuntansi Lingkungan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. Jesya, 6(2), 1137–1148.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Hasniati. (2024). Analisis Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Transportasi Yang terdaftar di BEI. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 7(1), 56–65. https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.548