Sebuah kajian Tentang Hubungan Disiplin Kerja, Perilaku Kerja dan Kinerja Pegawai

Authors

  • Andi Dahrul STIEM Bongaya
  • Muh. Syafruddin STIEM Bongaya
  • Muh Irwan Nur Hamiddin STIEM Bongaya
  • Nur Aisyah STIEM Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.549

Abstract

: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Perilaku Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner kepada responden. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif,  Populasinya adalah seluruh Pegawai Kantor Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar berjumlah 48 Orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 48 responden/Pegawai Kantor Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar, yang diperoleh dengan metode pengambilan sampel Total Sampling. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), metode analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (yang terdiri dari uji-t dan uji dominan), uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja dan perilaku kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Lalu variabel disiplin kerja lebih dominan berpengaruh daripada perilaku kerja terhadap kinerja pegawai.

References

Amelia, A., Ardani Manurung, K., & Daffa Baihaqi Purnomo, M. (2022). Mimbar Kampius: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama, 21(2), 1–11.

Andi Sri Wahyuni, Muh. Salim Sultan, S. D. (2022). Pengaruh Perilaku Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD PPSLU mappakasunggu Mappakasunggu Parepare. 2(1), 55–67.

Afandi, A., & Bahri, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja PEGAWAI. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 235-246.

Arifin, A. (2020). Pengaruh Perilaku Kerja Dan Kerjasama Tim Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai. Journal.Feb.Unmul.Ac.Id.

Balqis, H. S. & S. (2020). Pengaruh Perilaku Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 9,.

Caraka, R. N., & Azis, A. (2024). Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada bagian produksi di pt. Polindo utama kabupaten tangerang. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 248-254.

Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 3(1), 66–79.

Kuruway, M. (2021). Pengaruh Perilaku Kerja, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Volume 3 (Issue 1).

Lusigita, K. (2017). Pengaruh Perilaku Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 27–

Mendrofa, S. A., Sahyar, S., & Fawzeea, B. K. (2021). Pengaruh Perilaku Kerja,

Pengawasan, dan Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Journal

Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 130–140.

Usman, O., Podungge, R., & Monoarfa, V. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Perilaku Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo). Jurnal Mirai Management, 7(3), 236-246.

Rahmat, S. & M. (2015). Pengaruh Perilaku Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol. VII(No 2).

Retnoningtyas, Amanda. 2019. “Penilaian Kinerja Perangkat Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019”. Skripsi S-1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riansyah, R. O. (2021). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Sabda Maju Bersama. Universitas Islam Riau.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Sofia Yustiani Suryandari (ed.); Edisi ke-3). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Andi Dahrul, Muh. Syafruddin, Muh Irwan Nur Hamiddin, & Nur Aisyah. (2024). Sebuah kajian Tentang Hubungan Disiplin Kerja, Perilaku Kerja dan Kinerja Pegawai . BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 7(1), 46–55. https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.549