Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.594Abstract
Penelitian ini membahas pentingnya transformasi digital dalam mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Transformasi digital mencakup penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional, akses pasar, dan inovasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang diambil dari berbagai artikel untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM dalam proses digitalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi digital dapat meningkatkan daya saing UMKM, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kualitas layanan. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses terhadap teknologi, minimnya literasi digital, dan hambatan finansial masih menjadi kendala utama. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan untuk mempercepat proses transformasi digital di kalangan UMKM. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia.
References
Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16, 33.
Andrianti, F, and R Oktafia. 2021. “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Media Online Desa Karangpoh Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo (Tinjauan ….” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan.
Anim Wiyana, Marcelinus Yanto, Febrianus Akun, Wahyu Kurniawan Asgap, Muhammad Tafsir (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Setelah Pandemi Covid 19. Jurnal Mirai Management, Vol 8 No.3
Chaidir, T., Suprapti, I. A. P., Arini, G. A., & ... (2020). Determinan Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram. Elastisitas: Jurnal ….
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar ….
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05),
Hasanah, S. E. N., Ak, M., Muhtar, S., & ... (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). books.google.com.
Hasanatun, U., Aini, N., Apriatun, N., & ... (2024). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui E-Commerce. … of Management and ….
Husniyah, N., Ramadansyah, E., Pertiwi, H., Fadhiila Tamara, A., Mariska Purwaamijaya, B., & Asep Nuryadin. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital UMKM di Jawa Barat. Economics and Digital Business Review, 4(1), 845–868.
ICA, R. (2022). Analisis Strategi Sustainability Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Pasar …. repository.radenintan.ac.id.
Marjukah, A., Prasetyo, J., & Setyabudi, A. (2021). Peran Kolaborasi Bisnis Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid-19. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021), Wnceb, 780–789.
Munawar, Z., Putri, N. I., & Komalasari, R. (2023). Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM. TEMATIK.
Nurdiansyah, M, A. R. J., Rauf, R., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi. Journal of Management & Business, 5(1), 442–450. h
Perdana, M. A. C., Sulistyowati, N. W., & ... (2023). Analisis Pengaruh Pembiayaan, Skala Usaha, dan Ketersediaan Sumber Daya Manusia terhadap Profitabilitas UMKM. Sanskara ….
Putra, T. W. A., Solechan, A., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 7–12.
Ramadhani, F., Sari, R., & Arif, M. (2021). Pengaruh Insentif Pajak Terhadap Kinerja Keuangan UMK di Kota Makassar. PARADOKS Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 37–42.
Rauf, R., Hardianti, H., & Yunus, M. (2023). Petshop Business Performance Analysis: An Marketing Approach. Jurnal Economic Resource, 6(2), 347–355.
Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2021). Entrepreneurship education based on environmental insight: Opportunities and challenges in the new normal era. Cogent Arts and Humanities, 8(1), 0–15.
Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2022). The Design & Implementation of CRM-Taxi Online in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 8(1), 128–135.
Surahmah, S., Mardikaningsih, R., & ... (2024). Optimalisasi Potensi Pasar Lokal: Peluang Pemasaran UMKM dengan Media Digital. … Pusat Publikasi Hasil ….
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rusdiaman, Akbar Syam, Muh. Fuad Randy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.