Mengukur Peran Digital Marketing dalam Hubungan Brand, Tingkat Margin Dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Pembiayaan Rumah Pada Bank BTN Syariah KC Makassar
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i2.629Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh brand terhadap keputusan penggunaan produk pembiyaan, pengaruh tingkat margin terhadap keputusan penggunaan produk pembiayaan, pengaruh lokasi terhadap keputusan penggunaan produk pembiayaan, pengaruh brand melalui digital marketing, pengaruh tingkat margin melalui digital marketing, pengaruh lokasi melalui digital marketing, pengaruh keputusan penggunaan produk pembiayaan melalui digital marketing, dan Pengaruh Brand, Tingkat Margin Dan Lokasi Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Pembiayaan Rumah Pada Bank BTN Syariah KC Masakassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan, analisis deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, Analisis jalur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari koesioner yang telah dibagikan pada nasabah Bank BTN Syariah KC Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang menggunakan pembiayaan rumah Bank BTN Syariah KC Makassar. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling dengan mengajukan beberapa kriteria. Dalam penelitian ini menggunakan penentuan ukuran sampel dengan rumus Lemeshow dengan jumlah sampel 100 responden.
References
Agustina, Mia Septiani, Mufti Fiandi, and Tariza Putri Ramayanti. “Pengaruh Brand Trust Dan Marketing Public Relation Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Batara Haji Dan Umrah BTN IB.” Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 2, no. 1 (2023): 35–43.
Amien, Muhammad Ibnu, and Iswan Noor. “Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Tentang Akad Pembiayaan Syariah, Dan Promosi Bank Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Pembiayaan Hunian Syariah Berbasis Akad Murabahah.” Islamic Ekonomics And Finance In Focus 1, no. 4 (2022): 388–400.
Arfan, Nadia, Hasanuddin, and Hurriah Ali Hasan. “Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil Dan Menengah.” Iltizam Journal of Shariah Economic Research 6, no. 2 (2022): 212–224.
Fatimah, Sitti, H. Syahnur Said, Hasanuddin Damis, and Mapparenta. “Influence Of Psycholagical Factors, Factors And Social Factors On The Inovation And Strategy Student Decision ( Emprical Study at UIN Alauddin Makkassar Students)” 9, no. 12 (2015).
Febrianti, Adelia Dwi, and Lina Nugraha Rani. “Determinan Tingkat Margin Murabahah Bank Umum Syariah Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 9, no. 5 (2022): 681–693.
Firman, Ahmad. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah.” Jurnak Ekonomi Dan Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022): 1549–1562.
Kotler, and Amstrong. Principles Of Marketing. 17th Editi. Global Edition, 2018.
Murtini, Afri, Zahmhari, and Gayatria Oktalina. “Analisa Bauran Pemasaran (7P) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industry CV Melati Kota Pangkalpinang).” Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (JPMB) 6, no. 2 (2019): 258–268.
Nugraha, Yama Aditya, and Umaimah Wahid. “New Wave Marketing Dalam Membangun Brand Equity Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Komunikasi 16, no. 2 (2018).
Rahayu, Yuyun Nanik, Farid Fathony Ashal, and Akmal Riza. “Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pembiayaan Konsumtif Mutiguna Pada Bank Aceh Capem Kampung Aie Simeulue.” Journal Of Sharia Economics 4, no. 1 (2023): 1–11.
RI, Kementrian Agama. Namira Al-Quran Tajwid Warna Transliterasi Terjemah Perkata. Surabaya: Nur Ilmu, 2017.
Saepul, Setia Ahmad, Nurdiana Mulyatini, and Faizal Haris Eko Prabowo. “Analisis Faktor-Faktor Penetapan Okasi Strategis Perusahaan PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis Sebelum Dan Sesudah Renovasi (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cabang Kantor Pos Ciamis).” Business Management And Enterpreneurship Journal 1, no. 2 (2019): 25–41.
Said, R. (2021). Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Konsumen Membeli. Jurnal Ilmiah Bongaya, 5(2), 31–39.
Suryani, Tatik, Mochamad Nurhadi, and Abu Amr FAuzi. E-Marketing Bagi Ukm: Strategi Periklanan, Website Dan Media Sosial. Surabaya: Cv. Jakad Media Publishing, 2020.
Taufik, Ani Nurhayati, and Yono Haryono. “Determinan Generasi Y Terhadap Minat Pembelian Rumah Pada KPR Syariah.” Indonesian Journal of Islamic Economics and Business 6, no. 1 (2021): 1–16.
Threcia, Hillary, Y. Budi Hermanto, and Maria Widyastuti. “Keputusan PengambilanKredit Pemilikan Rumah (KPR) Pengaruh Brand Awareness,Physical Evidence Dan Service Quality Pada PT. Btn (PERSERO) Tbk.” Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 11, no. 2 (2021): 117–129.
Vanessa, Ike, and Zainul Aifin. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) (2017): 45.
Tafsir Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 80. TafsirQ.com, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Fatimah, Salmah Abdullah, Rahmi Qurania Ramadani, Muslimin Kara, Ampauleng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.