Perilaku Konsumen Setelah Era Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i1.653Abstract
Pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, terutama dalam adopsi teknologi digital, menciptakan tren baru dalam preferensi, kebiasaan, dan pola konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan perilaku konsumen setelah era COVID-19, dengan fokus pada pergeseran ke platform digital dalam aktivitas belanja, interaksi dengan merek, dan preferensi produk kesehatan, dan kecenderungan konsumsi yang lebih hemat. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic Literature Review (SLR) dari beberapa jurnal yang terindeks di google scholar baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% konsumen lebih memilih belanja online dibandingkan sebelum pandemi, dengan peningkatan kesadaran terhadap kesehatan dan kebersihan produk. Selain itu, 65% konsumen menunjukkan preferensi terhadap merek yang berkomitmen pada keberlanjutan. Demikian juga dengan pola konsumsi dimana konsumen menjadi lebis selektif dan hemat serta pemanfaatan digitalisasi menjadi hal yang sangat penting bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan media transasksi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengusaha dalam merumuskan strategi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era pasca-pandemi.
References
Acton, R. (2019). Mapping the evaluation of problem-oriented pedagogies in higher education: A systematic literature review. Education Sciences, 9(4).
Amam, A. (2024). Comparison Analysis Of The Impact Of The Covid-19 Pandemic On The Economic Performance Of Islamic Commercial Banks. Innovative: Journal Of Social Science Research.
Chandra, Y., Tjiptono, F., & Setyawan, A. (2021). The promise of entrepreneurial passion to advance social entrepreneurship research. Journal of Business Venturing Insights, 16, e00270.
Crișan, E. L., Salanță, I. I., Beleiu, I. N., Bordean, O. N., & Bunduchi, R. (2021). A systematic literature review on accelerators. The Journal of Technology Transfer, 46(1), 62–89.
Das, D., Sarkar, A., & Debroy, A. (2022). Impact of COVID- 19 on changing consumer behaviour: Lessons from an emerging economy. International Journal of Consumer Studies, 46, 692– 715
De Mooij, M., & Hofstede, G. (2011). Cross-cultural consumer behavior: a review of research findings. Journal of International Consumer Marketing, 23(1), 181-192.
Elga, R., Murni, S., & Tulung, J. E. (2022). Reaksi Pasar Modal Terhadap Peristiwa Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Covid-19 Di Indonesia (Event Study Pada Indeks LQ45). Jurnal EMBA: Jurnal Riset ….
Handayani, L., Suhartati, S., Irawan, A., & ... (2024). Health monitoring before and after independent learning during the pandemic: Pemantauan kesehatan sebelum dan sesudah pembelajaran mandiri selama …. In Health Sciences …. hsij.anandafound.com.
Hartati, S. I., Kalsum, U., & Kosim, B. (2022). Perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 pada perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di BEI. Journal of Management: Small ….
Hendratri, B. G., & Khotimah, F. K. (2022). Transisi Sumber Daya Manusia Sebelum Dan Sesudah Covid-19, Ditelaah Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Dinamika ….
Kurniawati, E. M., Rahmawati, N. A., Putri, I. S., Widiatmaja, D. M., Praba, V. M., Visuddho, ., Prameswari, F. U., Zahrani, M., Putra, F. N., Nugraha, D., & Widiastara, A. A. (2022). The Content of Breast Milk and the Challenges Experienced by Breastfeeding Mothers during the COVID-19 pandemic: A Systematic Review. The Open Public Health Journal, 15(1), 1–8.
Lay, C. L., Kuswoyo, C., & Calvin, L. (2022). Analisis Perilaku Belanja Konsumen Sebelum Dan Selama Situasi Pandemi Covid-19. In Jurnal E-Bis. jurnal.politeknik-kebumen.ac.id.
Marsuni, N. S., Arum, R. A., Mariana, L., & ... (2023). Abnormal Comparison Analysis of Return and Trading Volume Activity Before and After The Announcement of The Covid 19 Pandemic. … : Jurnal Ekonomi Dan ….
Ningsih, H. W., Murti, B., & Budihastuti, U. R. (2022). Complication on Premature Rupture of Membrane in Intrapartum Mother Infected with COVID-19: Meta-Analysis. Journal of Epidemiology and Public Health, 7(4), 419–430.
Nurdiansyah, M, A. R. J., Rauf, R., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi. Journal of Management & Business, 5(1), 442–450.
Nurmasari, I. (2020). Dampak covid-19 terhadap perubahan harga saham dan volume transaksi. In Jurnal sekuritas.
Pratama, R., Yusuf, I. S. H., Demayanti, R., & ... (2022). Kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah pengumuman work from home (WFH) saat peristiwa pandemi Covid-19 di Indonesia. JPPI (Jurnal Penelitian ….
Rauf, R., Raheni, C., Tovan, Mardia, Setiawan, L., & Rodliyatun, M. (2024). Entrepreneurship education and digital transformation, opportunities and challenges in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(12), 1–15.
Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Bongaya Journal of Research in Management, 7(1), 95–102.
Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2021). Entrepreneurship education based on environmental insight: Opportunities and challenges in the new normal era. Cogent Arts and Humanities, 8(1), 0–15. https://doi.org/10.1080/23311983.2021.1945756
Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2022). The Design & Implementation of CRM-Taxi Online in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 8(1), 128–135.
Schiffman, L. ., & Kanuk, L. . (1994). Consumer Behavior (5th ed.). Prentice Hall.
Sivanesan (2017), “A study on problems faced by customers in online shopping with special reference to Kanyakumari district”, International Journal of Research in Management and Business Studies, Vol. 4 No. 3, pp. 22-25
Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapan Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Tan, A. H. T., Muskat, B., & Zehrer, A. (2016). A systematic review of quality of student experience in higher education. International Journal of Quality and Service Sciences, 8(2), 209–228.
Théophile Bindeouè Nassè (2021). The Concept Of Consumer Behavior: Definitions In A Contemporary Marketing Perspective. International Journal of Management & Entrepreneurship Research 3(8):303-307
Triwahono, D. R., Rianto, M. R. R., & ... (2024). Analisa Kinerja Keuangan Pada Saat Dan Sesudah Masa Pandemi Covid–19 Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. … of Economics and ….
Wibowo, P. A., & Rosyadi, I. (2023). The Effect of Asian Stock Market Index , Macroeconomic Indicators , and Commodity Prices on the Composite Stock Price Index during the Covid-19 Pandemic. 7(4), 199–215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fauzi, Muhammad Fauzan, Hikmah Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.