Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Taksi Online Di Makassar

Authors

  • Nurdam Buhaerah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengkaji atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen dalam menggunakan jasa taksi online di Makassar, serta untuk mengkaji bagaimana sikap konsumen dalam menggunakan jasa taksi online di Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat konsumen yang menggunakan jasa pelayanan taksi online yang ada di Makassar, minimal 5 kali dalam setahun terakhir, sehingga populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah sebanyak 150 orang responden, Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan non-probability sampling dan metode judgment. Adapun pembahasannya menggunakan peralatan analisis sikap dengan pendekatan/model poin ideal dan analisis kepentingan-kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran merupakan atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen jasa layanan taksi online di Kota Makassar, sedangkan yang tidak dipentingkan adalah atribut penampilan luar taksi. Sikap konsumen terhadap jasa layanan taksi di Kota Makassar rata-rata sangat baik.

References

Akour, I., Alshurideh, M., Al Kurdi, B., Al Ali, A., & Salloum, S. (2021). Using machine learning algorithms to predict people’s intention to use mobile learning platforms during the COVID-19 pandemic: machine learning approach. JMIR Medical Education, 7(1), e24032.

Baranirani & R Kousalya, 2020. "A Study on Customer Attitude towards Online Cab Services with Special Reference to Madurai City," ComFin Research, Shanlax Journals, vol. 8(4), pages 32-37

Crano, W.D., & Prislin, R., (2011). Attitudes and Attitude Change: The Fourth Peak. In Attitudes and attitude change (pp. 17-30). Psychology Press.

Dian Aulia, Chalimatuz Sa’diyah, Sri Nastiti Andharini, (2021)...Analisis Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online:Studi Pada Pengguna Grab Bike. .OPTIMAL : Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.15 No. 1

Engel, J. Et Al, 2020. Consumer Behaviour, 6th ed, Binarupa Aksara. Jakarta.

Fitzsimmons, James A. and Mona J. Fitzsimmons, 2021, Service Management; Operations, Strategy, and Information Technology. 3rd Ed. McGraw-Hill, Inc.

Hasan, O., McColl, J., Pfefferkorn, T., Hamadneh, S., Alshurideh, M & Kurdi, B. (2022). Consumer attitudes towards the use of autonomous vehicles: Evidence from United Kingdom taxi services.International Journal of Data and Network Science, 6(2), 537-550

Irawan D., Handi. 2023. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan pelanggan Merek Pemenang ICSA. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Justitia, A., Rini, S., dan Nadhila, R.A. (2019). Customer Satisfaction Analysis of Online Taxi Mobile Apps. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence. 5(1), 85-92

Mowen, John C. and Michael Minor. 2017. Perilaku Konsumen. Edisi Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson, 2016 Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. 4th ed, Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2017. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Edisi Pertama, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rohana Faridah, Muhammad Yulian Mamun, Muhammad Qamaruddin, Naimah, Badrian, (2023). Analysis of Consumer Attitude Towards Online Transportation in Banjarmasin. ICOSTELM 2022

Simamora, Bilson. 2018. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

sintya, deby M. (2022). Measuring Customer Satisfaction and Loyalty: A Study on Service Quality for Mobile Banking Users. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 5(1), 44–54.

Tjiptono, Fandy, dkk. 2019, Marketing Scale, ANDI, Yogyakarta.

Zeithaml, V.A & Bitner, M.J, 2016. Services Marketing, McGrawHill International Edition.

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Nurdam Buhaerah. (2025). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Taksi Online Di Makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 8(1), 29–39. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/BJRM/article/view/654