Pengaruh Citra Merek Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Markisa Flora Kabupaten Gowa
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.693Keywords:
Brand Image, Marketing Mix, Purchasing DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Sirup Markisa Flora di Kabupaten Gowa. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 konsumen di Kecamatan Tombolo Pao. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS versi 25, dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-hitung = 6,977, p = 0,000 < 0,05), sementara bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan (t-hitung = 0,706, p = 0,484 > 0,05). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (F-hitung = 24,358, p = 0,000 < 0,05), dengan Adjusted R² sebesar 0,488. Temuan ini menegaskan bahwa citra merek, seperti keunikan dan kepercayaan konsumen, lebih dominan dibandingkan bauran pemasaran, yang terhambat oleh faktor lokasi. Penelitian ini merekomendasikan UMKM untuk memperkuat citra merek melalui promosi digital dan meningkatkan aksesibilitas produk.
References
Amir, M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen perumahan pada pt. Cahaya fadillah utama di jeneponto. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 1(1), 67–73.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Statistik Ekonomi Indonesia 2023. Jakarta: BPS.
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis pengaruh promosi, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200–218.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Halim, firmansyah, & Rizal, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Aksesoris Handphone Merk Iphone. Jurnal Ilmiah Bongaya, 5(1), 50–57.
Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Menguji marketing mix 7P terhadap keputusan pembelian Shopee di Sukoharjo. Jurnal Manajemen, 7(1), 81–94.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.
Mahmudi, M., Iftihor, I., & Linawati, L. (2021). Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias di Toko Kebun Asri Ngawi perspektif ekonomi syariah dimasa COVID-19. Iqtisodina, 4(2), 22–36.
Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161.
Pratama, A. P., & Susanti, F. (2022). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk UMKM di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(3), 45–58.
Rosmadi, M. L. N. (2021). Inovasi dan kreativitas pelaku usaha UMKM di era COVID-19. Ikraith-Ekonomika, 4(2), 87–94.
Said, R. (2021). Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Konsumen Membeli. Jurnal Ilmiah Bongaya, 5(2), 31–39.
Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi pemasaran yang unik: Mengoptimalkan kreativitas dalam menarik perhatian konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri, Nurul Ainun Ananda, Sultan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.