Analisis Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Aliyah Mustika Universitas Negeri Makassar
  • Fajriani Azis Universitas Negeri Makassar
  • Nur Afiah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v9i1.739

Keywords:

Taxpayer Compliance, Taxpayer Awareness, Tax Sanctions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perngaruh kesadaran Wajib Pajak, sanksi pajak, dan kualitas pelayanan serta secara simultan terrhadap kerpatuhan Wajib Pajak dalam mermbayar pajak kerndaraan berrmotor pada Kantor Samsatr Kabupatern Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini adalah kesadaran Wajib Pajak(X1), sanksi pajak (X2), Kualitas pelayanan (X3), dan kepatuhan Wajib Pajak (Y). populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba tahun 2025. pengambilan sampel menggunakan Teknik accidental sampling dengan ketentuan Wajib Pajak melakukan pembayaran pajak di Kantor Samsat hingga diperoleh responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25 dan pengujian yang dilakukan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran Wajib Pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor. Namun, sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba. Kesadaran Wajib Pajak, sanksi pajak dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Allingham, M. G., & Sandmo, A. (1972). Income tax evasion: A theoretical analysis. Journal of Public Economics, 1, 323–338.

Fitriani, R., dkk. (2023). Pemetaan faktor kesadaran, pengetahuan, dan sanksi dalam meningkatkan kepatuhan PKB (SLR 2017–2022). Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hama, A. (2021). Analisis Kesadaran Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. Cirebon: CV. Syntax Corporation Indonesia.

Harlia, A., Djamali, H, & Lalo, A. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Akuntansi, 1(4), 276–290.

Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & N. L. G. M. D. (2021). Pengaruh kesadaran WP, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan PKB (SAMSAT Gianyar). Kompeten: Jurnal (ringkasan & sitasi dalam telaah).

Mahasari, N. N. A. (2023). Pengaruh sistem/kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan membayar PKB (SAMSAT Kota Bandar Lampung). Kreatif: Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Mardiasmo. (2023). Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta. CV Andi Offset.

Maulana, D. N., & Septiani, D. (2022). Pengaruh Layanan Samsat Keliling, E-Samsat dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 14(2), 231-246. https://doi.org/10.28932/jam.v14i2.4538

Nuryati, T. (2022). Pemahaman Wajib Pajak dan Interaksi Fiskus Dengan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak di Bekasi). Purwokerto: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Putri, D. A., Idrawahyuni, I., & Khalid, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), 3(1), 30.

Saputri, D. A., & Anisa, N. (2020). Pengaruh kesadaran WP, sanksi pajak, dan sistem Samsat Drive Thru terhadap kepatuhan PKB (SAMSAT Bandar Lampung). Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 59–70.

Sitompul, R., Dewi, S., & Astuti, S. T. (2025). Analisis kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, dan tarif perpajakan terhadap kepatuhan membayar PKB (SAMSAT UPT Binjai). Universitas Medan Area (skripsi/tesis).

Sulistyowati, M., Ferdian, T., & Girsang, R. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak yang Terdaftar di SAMSAT Kabupaten Tebo). Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 1(1), 29–45. https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JIAB/article/view/487

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Mustika, A. ., Fajriani Azis, & Nur Afiah. (2025). Analisis Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bulukumba. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 9(1), 48–57. https://doi.org/10.37888/bjrm.v9i1.739