Strategi Inovasi Produk Bank Syariah dan Preferensi Mahasiswa: Peran Brand Awareness

Authors

  • Sitti Fatimah Universitas Islam Negeri Makassar
  • Aulia Ananda Putri 123Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Supriadi Hamid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Salma Abdullah STIEM Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi inovasi produk berbasis konten terhadap awareness, pengaruh strategi inovasi produk berbasis konten terhadap preferensi mahasiswa, pengaruh awareness terhadap preferensi mahasiswa, pengaruh strategi inovasi produk berbasis konten melalui awareness terhadap preferensi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penggunakan pengujian dengan SPSS Versi 26. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif dari jurusan perbankan syariah dan memiliki akun atau sudah pernah menggunakan media sosial dan sudah pernah melihat konten layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) melalui sosial media, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inovasi produk berbasis konten berpengaruh terhadap awareness, strategi inovasi produk berbasis konten berpengaruh terhadap preferensi mahasiswa pada Bank Syariah Indonesia, awareness berpengaruh terhadap preferensi mahasiswa pada Bank Syariah Indonesia. strategi inovasi produk berbasis konten berpengaruh signifikan melalui awareness terhadap preferensi mahasiswa pada Bank Syariah Indonesia.

References

Agustin, Hamdi, ‘Teori Bank Syariah’, JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2.1 (2021), 67–83

Apriyanti, Hani Werdi, ‘Model Inovasi Produk Perbankan Syariah Di Indonesia’, Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9.1 (2018), 83–104

Ayunda, ‘InovasiProduk: Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Bisnis. Https://Accurate.Id.’, 2020 <https://accurate.id.>

Bisri, Muhamad Mirzan Hasan, and Pitoyo Pitoyo, ‘Konten Marketing Instagram Dan Brand Image Pada Minat Penggunaan Jasa Perencana Keuangan’, Jurnal Pustaka Komunikasi, 5.1 (2022), 190–205

Darma, Dinda Ayu, Zulfia K Abdussamad, and Endi Rahman, ‘Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo’, JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5.1 (2022), 238–50

Devi, Helsa Annisa, ‘Preferensi Nasaba Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Jawa Tengah)’, Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 18.1 (2022), 19–37

Farida, Nurul, and M Thamrin, ‘Analisis Komunikasi Digital Content Marketing Pada Media Instagram@ Kopixel. Id Dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat (Studi Kedai Kopi Kopixel Jember)’, Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember, 2022

Gultom, Mardia Shintia Devi, and Mustapa Khamal Rokan, ‘Problematika Perbankan Syariah: Solusi Dan Strategi Digitaliasasi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan Perbankan Di Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan’, ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 3.1 (2022), 14–20

Ismail, Diva Thea Theodora, ‘Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Bandung’, Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12.1 (2021), 37–47

kemdikbud, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima’ (Jakarta: Pusat Bahasa, 2018)

Philip kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12 (Erlangga, 2008)

Ramadhanty, Ninda Nurlailly, and Zulfebriges Zulfebriges, ‘Pengaruh € ŒSocial Media Marketing†Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk’, Prosiding Manajemen Komunikasi, 6.2 (2020), 466–72

Riza, Muhammad, ‘Analisis Persepsi, Preferensi Dan Sikap Teungku Dayah Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Syariah’, J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2019, 1–19

Romadhon, Bagus, ‘Korelasi Merger Tiga Bank Syariah Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah’, Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3.1 (2021), 86–98

Salam, Fitri Yana, and Rafika Rahmawati, ‘Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Communication Terhadap Minat Nasabah Memilih Bank Bri Syariah Kcp Cileungsi’, Paradigma, 17.1 (2020), 38–58

Sari, Dela Novita, and Muhammad Iqbal Fasa, ‘Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4.1 (2023), 1–10

Titisari, Purnamie, and Arnis Budi Susanto, ‘Model Preferensi Konsumen Terhadap Perbankan Syariah’, JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 12.1 (2020), 79–95

Wahyuddin, ‘Pengaruh Preferensi Dan Strategi Pengembangan Nasabah Terhadap PT. Bank Sulselbar Kantor Cabang Syariah Makassar’

Zuliyant, Alifia Firyal Farhana, ‘Perilaku Pengambilan Keputusan Berasuransi Unit Link Syariah Dalam Perspektif Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Pada Panin Dai-Ichi Life Yogyakarta’, 2018

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Fatimah, S., Aulia Ananda Putri, Supriadi Hamid, & Salma Abdullah. (2025). Strategi Inovasi Produk Bank Syariah dan Preferensi Mahasiswa: Peran Brand Awareness. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 8(2), 111–118. https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.741