Analisis Sistem Keamanan Transaksi QRIS Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Dan Penjualan Bisnis Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.751Abstract
Kemajuan teknologi digital mendorong penggunaan sistem pembayaran non-tunai, termasuk QRIS, yang menjadi solusi transaksi praktis dan cepat di sektor kuliner. Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah system kemanan QRIS yang sudah di terapkan selama ini oleh Bank BSI mempengaruhi kepercayaan dan berdampak pada peningkatan penjualan pada pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada sektor kuliner di Kota Mamuju. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Pendekatan ini digunakan untuk memahami persepsi pelaku usaha dan pelanggan terhadap keamanan transaksi QRIS serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya, serta kepercayaan pelanggan dan peningkatan penjualan dalam bisnis kuliner. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Mamuju Kec. Mamuju dan Kec. Simboro dengan subjek penelitian adalah Pelaku UMKM dan pelanggan yang menggunakan QRIS dari bank BSI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa QRIS dengan jaminan keamanan terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan dan pejualan serta efisiensi transaksi di UMKM dalam sektor kuliner di Kota Mamuju. QRIS memberikan kemudahan aksesibilitas pembayaran bagi pelanggan, mempercepat proses transaksi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memberikan keuntungan bersih bagi usaha. Keuntungan yang diperoleh dari penerapan QRIS jauh lebih besar memberikan peluang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dalam sektor UMKM.
References
Bank Indonesia. (2020). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Jakarta: Departemen Sistem Pembayaran BI.
ISO/IEC 27001. (2013). Information technology — Security techniques — Information security management systems — Requirements. International Organization for Standardization.
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359.
Rohmah, N. (2022). Pengaruh Keamanan dan Kemudahan Penggunaan QRIS terhadap Kepercayaan Konsumen UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 4(2), 115–124.
Stallings, W. (2017). Cryptography and Network Security: Principles and Practice (7th ed.). Pearson Education.
Wahyuni, R., & Kusumawardhani, D. A. (2021). Analisis Keamanan Sistem Pembayaran Digital QRIS terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 9(1), 45–54.
Wijayanti, A., & Nurcahyo, R. (2020). Pengaruh Penggunaan QRIS terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Kuliner. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 8(3), 77–86.
Adiyanto, M. R., Purnomo, A. S. D., & Setyo, A. (2021). Dampak tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk keuangan syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.
Aziz, M., Arifin, Z., Hwihanus, H., & Ratnawati, T. (2024). Pengaruh Sosial Budaya Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Pedagang terhadap Minat Menggunakan QRIS sebagai Metode Pembayaran Cashless. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3960–3966.
Christine, N. (2023). Efektifitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada UMKM di Bandar Lampung (Studi Kasus Kl Cofee Bandar Lampung, Kopi Ketje Kedaton dan Marley’s Cafe). Jurnal EMT KITA, 7(3), 755–762.
Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. https://doi.org/10.36985/07f8a660 Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103.
Ihsan, N., & Siregar, S. (2024). Analisis Implementasi Sistem Pembayaran Quick Respond Indonesia Standard (QRIS) Di Pasar Bhakti Kisaran. Jurnal Darma Agung, 32(2), 704–717.
Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.
Lestari, D. T., Siburian, C. D. Y., & Ndraha, E. (2023). Sosialisasi Pengenalan dan Implementasi Sistem Pembayaran Digital Menggunakan QRIS pada UMKM. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 126–131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurjanna Hayati Husain, Aminah Djunaid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.