PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA
(Studi Kasus Perguruan Tinggi di Kabupaten Maros)
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v1i2.76Keywords:
Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Motivasi, PelayananAbstract
Budaya organisasi diyakini merupakan faktor penentu utama terhadap
kesuksesan produktivitas organisasi. Keberhasilan suatu organisasi baik sebagai
keseluruhan maupun sebagai kelompok dalam suatu organisasi tertentu, sangat
tergantung pada mutu kepemimpinan yang terdapat dalam organisasi. Karyawan
yang memiliki motivasi kerja tinggi maka hasil kerjanya akan optimal sehingga
perusahaan dapat mencapai yang ditargetkan. Pentingnya peran kualitas pelayanan
bagi kehidupan suatu organisasi atau perusahaan untuk berupaya meningkatkan
potensi yang dimiliki, agar kualitas dan kuantitas pelayanan tersebut dapat bersaing
atau setidaknya mampu mengimbangi laju persaingan di dunia usaha. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan dan
motivasi terhadap kualitas pelayanan mahasiswa pada perguruan tinggi. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2018 dan menggunakan data primer dan
sekunder. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 (lima) TA 2018/2019
di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan dan
Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian. Sampel mahasiswa diambil secara proporsional pada
masing-masing ketiga perguruan tinggi dengan metode proportional random
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dan persentase. Analisis
yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh
nyata terhadap kualitas pelayanan.