Strategi Peningkatan Retensi Karyawan melalui Kepuasan Kerja di PT. Haji La Tunrung Listrik dan Konstruksi
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v9i1.766Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini merupakan jenis penelitian metode Deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui peran kepuasan kerja dalam meningkatkan retensi karyawan di PT. Haji LA Tunrung Listrik dan Kontruksi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang di peroleh dari hasil obserfasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan retensi karyawan di PT Haji La Tunrung Listrik dan Konstruksi. Karyawan yang merasa puas cenderung bertahan lebih lama, sementara ketidakpuasan dapat mendorong mereka mencari peluang lain. Perusahaan telah mengambil langkah-langkah seperti pelatihan rutin, bonus tahunan, dan peningkatan fasilitas untuk meningkatkan kepuasan kerja. Faktor utama yang mempengaruhi kepuasan kerja meliputi gaji, kesempatan pengembangan karir, lingkungan kerja yang nyaman, dan komunikasi yang terbuka. Meskipun ada upaya positif, tantangan tetap ada dalam menyeimbangkan harapan karyawan dengan kebijakan perusahaan.
Kata kunci : Kepuasan Kerja dan Retensi Karyawan
References
Chen, X., Zhang, Y., & Wu, J. (2024). Job Satisfaction and Employee Retention: The Mediating Role of Organizational Commitment in Construction Firms. Journal of Human Resource Development, 12(2), 45–60.
Darmawan, D. (2021). Peran Budaya Organisasi Dan Efikasi Diri Untuk Menentukan Kepuasaan Kerja Karyawan. Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 43–53. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v4i1.56
Fabiani Sofie, & Sisca Eka Fitria. (2018). Identifikasi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Usaha Menengah (Studi Pada CV. Kota Agung). Jurnal Wacana Ekonomi, 18(1), 1–12.
Halim, R., & Pratama, D. (2023). Turnover Intention Among Construction Workers in Indonesia: An Empirical Study. Jurnal Manajemen Indonesia, 23(3), 155–170
Hanifah, N., & Waskito, J. (2023). Peran Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi Pada Pengaruh Kompensasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Retensi Karyawan Pada Lazismu SOlo Raya. Jursima, 11(01), 250–264. https://ojsiibn1.indobarunasional.ac.id/index.php/jursima/article/view/729
Hermingsih, A., & Purwanti, D. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Dimensi, 9(3), 574–597. https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.2734
Jodie Firjatullah, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.426
Karya, P. T., Permai, L., & Denpasar, K. (2022). Peran Kepuasan Kerja Sebagai Pediasi Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Luhur Permai Kota Denpasar. 3.
Lestari, D., & Utami, K. S. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Yang Positif Terhadap Retensi Karyawandi UMKM Bakpia Lanank Jogja. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(3), 358–365. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i3.2782
Loliyana, R., Loliyani, R., & Isabella, A. A. (2024). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Retensi Karyawan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Cipta Karya Mandiri mampu mengelola karyawannya menjadi tenaga yang Handal ( Eliyana et al ., 2019 ). Selanjutnya ,. 16(1), 66–80.
Mahardika, D. S., Suddin, A., & Wardiningsih, S. S. (2020). Peran Mdiasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Retensi Karyawan dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Umum Mitra Keluarga Husada. 81–93.
Millena, R., & Donal Mon, M. (2022). Analisis Pengaruh Kompensasi Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Retensi Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi Pada Karyawan Manufaktur Tunas Bizpark Kota Batam. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(3), 157–166. https://doi.org/10.20527/jwm.v10i3.220
Mohammad, U., & Fadli, D. (2024). Studi Eksploratif Tentang Kepuasan kerja dan Retensi Karyawan di Industri ManufakturR : Studi Kasus pada PT Procil Surya Iindonesia. 2(4), 314–325.
Muktamar, A., Saputra, A., Zali, M., & Ugi, N. B. (2024). Mengungkap Peran Vital Kepemimpinan dalam Manajemen SDM: Produktivitas, Kepuasan Kerja, dan Retensi Tenaga Kerja yang Berkualitas. Journal of International Multidisciplinary Research, 2, 9–19. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Rahman, A., & Lee, C. (2022). Intrinsic and Extrinsic Job Satisfaction Factors Influencing Employee Loyalty. Asia Pacific Journal of Business Administration, 14(1), 23–39.
Rusmawati, V. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SDN 018 Balikpapan. EJournal Administrasi Negara, 1(2), 395–409.
Shierli Wijaya. (2022). Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Retensi Karyawan. 9(1), 356–363.
Siregar, M., & Kurniawan, T. (2023). Employee Engagement and Retention Strategies in Project-Based Industries. Indonesian Journal of Organizational Studies, 9(4), 101–114.
Sudi, M., Nirwana, N. K. A., Thamrin, W. P., & ... (2024). Pembinaan Kultur Organisasi yang Berorientasi pada Keseimbangan Kerja-Hidup: Meningkatkan
Work Institute. (2025). 2025 Retention Report: Employee Retention Truths in Today’s Workplace. U.S. Work Institute Publication.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farida Rahman, Zalkha Soraya, Irwan Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





