Aplikasi Model Teori Antrian Pada Pelayanan Jasa Pegadaian
DOI:
https://doi.org/10.37888/bjrm.v8i2.772Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis jumlah dan waktu rata-rata nasabah antri dalam mendapatkan pelayanan, serta untuk menghitung jumlah loket yang diperlukan dalam mengatasi jumlah dan waktu rata-rata nasabah yang menunggu dalam antrian. Metodologi yang digunakan adalah formula teori antrian yang dikembangkan berdasarkan Formula AK Erlang (1909). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika system hanya menyediakan 3 buah loket maka di dalam sistem akan terjadi: a. Pelanggan yang antri per kesatuan waktu 69.10 orang, b. Tingkat kesibukan sistem 51.61 %, Jadi dalam pelayanan nasabah pada PT Pegadaian Makassar belum efektif. Pelayanan secara efektif untuk melaksanakan tugas, maka diperlukan tambahan loket untuk mengantisipasi nasabah yang sering antrian berkepanjangan, yang dinilai nasabah tidak efektif. Sehingga nasabah masih menuntut pelayanan yang prima agar setiap nasabah tidak terlalu lama menunggu pada sistem antrian.
References
Assauri, Sofyan, (2020). Manajemen Produksi. Lembaga Penerbit fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.
Buffa, Elwood S. (2016). Manajemen Produksi/Operasi, Edisi 6. Terjemahan : B. Siregar, dkk. Erlangga, Jakarta.
Carthwright, Roger, et.al. (2018). Managing Operations; A Competence Approach to Supervisory Management. Balck Well Publishers, Oxford, UK.
Charan, Sandeep dan Jain. (2019). International Journal Of Mathematics In Operational Research Vol. 14 No. 4 ISSN: 1757-5850 dengan judul “Analysis Of Bulk Queue With Additional Service, Vacation And Unreliable Server”.
Chase, B, R., Aquilano, J, N., & Robert, J. F. (2019). Operations Management for Competitive Advantage. McGraw-Hill.
Eze, Obinwanne, E., Odunukwe, dan Darlingtina, A. (2015). On Application of Queuing Models to Customers Management in Banking System. American Research JOURNAL of Bio Sciences, 1(2), 14–20.
Gross dan Harris. (2016). Fundamentals Of Queueing Theory Fourth Edition. Hoboken: John Willey And Sons.
Heizer, J., dan Render, B. (2017). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasok (11th ed.) (Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, David Wijaya : Penerjemah). Jakarta : Salemba Empat.
Husnan Suad, (2020). Teori Antrian, Edisi Kedua, Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Jhala, N., dan Bhathawala, P. (2016). Application Of Queuing Theory In Banking Sector. IOSR Journal of Mathematics, 12(2), 73–75
Moore, Franklin G., and Thomas E. Hendrick. 2016. Production/Operations Management. 8th Ed. Richard D. Irwin, Inc.
Nadya, dan Permana, D. (2019). Model Antrian Pada Layanan Teller Bank Nagari Cabang Pembantu Universitas Negeri Padang. UNP Journal Of Mathematics, 2(4), 24–28.
Render, Barry and Ralph M. Stair Jr. (2017). Quantitative Analysis for Management. 6th Ed. Prentice-Hall Inc., New Jersey.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurdam Buhaerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.